Thursday, August 6, 2015

3 Hari di Jogja, Kunjungi 7 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik di Jogja Ini

Candi Prambanan - Wikipedia.org
Berwisata, Salah satunya ke Jogjakarta atau yang biasa dikenal juga dengan nama Jogja hampir sama dengan saat kita berwisata ke tempat tempat lain. Kita harus mengatur jadwal, menghemat waktu, serta merencanakan kemana saja tujuan berlibur. Selain itu, kita juga harus merencanakan dimana akan tinggal saat mempunyai keinginan untuk wisata ke Jogja.

Semua itu sangat penting terlebih jika anda hanya memiliki waktu yang terbatas misalnya dua atau tiga hari saja.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Jogjakarta sebanyak dua atau tiga hari, berikut adalah 7 tempat wisata populer di jogja yang bisa anda kunjungi waktu yang singkat tersebut.


Rekomendasi tempat menginap di Jogja


 Kota Jogjakarta, walaupun saat ini semakin ramai dan semakin padat bukan berarti bahwa kota ini sering dilanda macet. Justru sebaliknya, jalan-jalan dibeberapa ruas terlihat sangat lancar dan jarang terjadi kemacetan. Kemacetan biasanya hanya terjadi pada jam-jam tertentu seperti menjelang maghrib, dan pada pagi hari kemacetan jarang terjadi. Oleh sebab itu, kita tidak perlu khawatir untuk bisa sampai ke tujuan wisata di Jogja tepat waktu.



 Jika anda berwisata ke Jogjakarta, tempat menginap yang direkomendasikan tentu saja berada di area Malioboro. Ini merupakan area paling strategis di Jogjakarta Dimana kita bisa mengakses banyak tempat dari lokasi tersebut.

Malioboro bisa diakses dari bandara hanya dalam waktu 30 menit. Selain itu, Anda bisa pergi ke berbagai tempat dengan cukup mudah dari Malioboro.

 Kelebihan lain mengapa daerah Malioboro direkomendasikan diantaranya adalah, anda akan mudah mencari tempat makan, dekat dengan tempat hiburan, tidak jauh dari pusat perbelanjaan dan keramaian, serta banyak juga hotel-hotel murah, hotel berkelas di Jogja, dan penginapan-penginapan menarik.

7 tempat wisata rekomendasi di Jogja


Dan berikut adalah 7 tempat wisata Jogja yang paling sering direkomendasikan:

Candi Prambanan


Urutan pertama tujuan atau tempat wisata populer dan menarik di Jogja yang akan kita datangi adalah candi Prambanan. Jadi, kita akan mengesampingkan Malioboro terlebih dahulu karena disinilah kita menginap dan tinggal, selain itu, Malioboro juga bisa kita jelajahi di waktu-waktu senggang saat anda memiliki waktu luang di hotel terutama di malam hari atau sore hari.

Wisata Candi Prambanan sebenarnya tidak berada di Jogjakarta melainkan berada di daerah Klaten Jawa Tengah. Walau demikian, kita juga bisa mengakses candi ini dengan cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 17 kilometer dan bisa diakses kurang dari 1 jam.

 Jika anda berkunjung ke Candi Prambanan, ada banyak alternatif transportasi yang bisa anda gunakan mulai dari Trans Jogja, namun tidak dianjurkan karena akan memakan waktu yang terlalu lama. Ongkosnya murah, namun Trans Jogja bukankah transportasi yang efektif.

Transportasi yang direkomendasikan bagi anda antara lain, Anda bisa menggunakan kendaraan sewaan baik itu roda dua maupun roda empat dan jangan lupa melengkapi diri Anda dengan GPS. Apabila anda tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan taxi di Jogjakarta, taxi di Jogja bertarif cukup murah.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang sangat megah dan menarik, berlokasi dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau. Pada saat ini, candi yang ada di Prambanan tidak semuanya utuh, terlebih setelah adanya gempa yang sempat mengguncang kota ini beberapa tahun lalu.

Walau demikian, daya tarik dari Candi Prambanan masih tetap kuat, karena arsitekturnya yang unik serta sejarah panjangnya yang memukau. Diantara beberapa hal yang akan anda temui saat berkunjung ke Candi Prambanan antara lain, anda akan langsung menyaksikan keindahan dan keunikan candi-candi yang dibuat sejak tahun 850 masehi tersebut. Kemudian terdapat juga banyak arca-arca atau patung yang juga unik dan menarik. Tidak heran, jika sejak dahulu, Candi Prambanan dijadikan tempat wisata favorit di Jogjakarta.

 Candi Plaosan


Setelah puas berjalan-jalan di Candi Prambanan, Anda juga bisa langsung menuju ke Candi Plaosan yang lokasinya sangat dekat dengan Candi Prambanan. Candi ini memiliki pesona yang hampir mirip dengan Candi Prambanan. Meskipun begitu, Candi Plaosan memang tidak terlalu terkenal. Namun tidak ada salahnya untuk mampir menyaksikan bangunan megah peninggalan sejarah tersebut.

Candi ini juga dikenal dengan sebutan candi kembar karena memiliki 2 candi utama yang berjarak hanya 100 meter.

 Bukit Bintang


Pada saat anda kembali dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan, Anda bisa langsung naik ke Wonosari. Pada saat anda kembali dari daerah Klaten, teruslah mengikuti jalan Jogja - Solo dan daerah Janti berbeloklah ke arah kiri atau Anda bisa juga naik flyover. Perhatikan informasi jalur yang ada.

Saat Anda naik ke Bukit Patuk Gunungkidul, jalannya akan sedikit berkelok dan menanjak. Pada malam hari, tempat ini sangat indah dan dikenal sebagai “Bukit Bintang,” karena disinilah kita bisa menyaksikan langsung keindahan kota Jogjakarta pada malam hari.

Suasananya sangat menyenangkan karena di sini banyak warung-warung kopi yang berada di tebing dan memiliki iklim yang cukup dingin serta angin yang lumayan kencang. Jadi jangan lupa untuk membawa baju hangat atau jaket.

Sambil menikmati kota Jogjakarta yang indah di malam hari, Anda bisa memesan berbagai makanan dan minuman hangat atau panas yang akan menemani anda melewati malam dan menjadikan Bukit Bintang sebagai tempat wisata malam di Jogja yang paling menarik.


Pantai Parangtritis


Di hari kedua, tujuan utama kita adalah menuju ke wisata alam Jogja yaitu pantai. Dan salah satu pantai yang cukup populer dan menarik di Jogja adalah Pantai Parangtritis yang berjarak sekitar 28 km dari pusat Jogja. Untuk menuju ke Pantai Parangtritis, transportasi yang direkomendasikan adalah kendaraan roda dua atau roda empat yang bisa anda sewa dari rental.

Keindahan pantai Parangtritis sudah cukup terkenal baik di Jogja maupun secara nasional. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar namun tidak dianjurkan bagi anda untuk berenang. Walau demikian, kita masih bisa menikmati debur ombak di pinggir pantai dan menikmati keindahan alam di sekitarnya.


Kotagede


Setelah puas bermain di pantai, kita akan kembali ke pusat kota Jogjakarta namun sebelum kembali ke hotel, tidak ada salahnya untuk berbelok ke arah Kotagede, yaitu sebuah tempat dimana kita bisa menemukan wisata belanja di Jogja yaitu pusat kerajinan perak di Yogyakarta.

Bagi Anda yang tertarik dengan berbagai oleh-oleh Kota Jogja, baik itu berupa cincin, souvenir, dan lain-lain, Anda bisa menjejakkan kaki di tempat ini.

Tidak disarankan untuk datang ke tempat ini pada siang hari karena cuacanya sangat panas. Karena, Anda juga tentu ingin menjelajah dan berjalan-jalan di tempat ini bukan?! Kebanyakan toko-toko perak yang ada di Kotagede berada di tempat yang terkadang jaraknya sedikit jauh. Tidak ada atap yang akan melindungi anda dari sinar matahari saat berjalan jalan sehingga disarankan untuk datang ke tempat ini pada pagi hari atau sore hari.


Keraton Yogyakarta


Di hari ketiga, Wisata Budaya Jogja - Keraton Yogyakarta merupakan tujuan kita selanjutnya. Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi oleh wisatawan. Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan langsung bagaimana kehidupan di keraton serta kegiatan sehari-hari di tempat yang sakral tersebut, rasanya tempat ini tidak boleh Anda lewatkan.

Ada banyak hal menarik di wisata budaya Jogja - Keraton Yogyakarta yang bisa anda saksikan. Namun, jangan lupa untuk datang dengan pakaian yang sopan karena tempat ini sedikit berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya di Jogja.


Jalan Malioboro


Setelah menikmati berbagai pengalaman menarik di Kraton Yogyakarta, kita akan kembali menuju Jalan Malioboro. Malioboro mulai ramai pada sore hari biasanya menjelang ashar hingga malam hari antara pukul 21.00 atau 22.00. Disini kita bisa menemukan berbagai macam kebutuhan sehari-hari serta berbagai souvenir dan oleh oleh.

Di hari terakhir ini, Malioboro merupakan tempat wisata Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Anda bisa berjalan di sepanjang Malioboro untuk melihat dan mencari berbagai benda-benda unik dan menarik yang anda inginkan mulai dari cincin, gelang, souvenir, kaos, batik, aneka kerajinan dan seni, serta jika Anda beruntung Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni oleh para seniman Jogja.