Tuesday, October 4, 2016

7 Tempat Wisata Paling Menarik di Jepara

Menyebut nama Jepara mengingatkan kita pada banyaknya perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang ukiran kayu dan mebel. Tidak hanya terkenal di nusantara melainkan juga hingga ke berbagai belahan dunia. Namun tidak hanya terkenal karena ukirannya, Jepara juga memiliki beberapa tempat wisata menarik yang indah. Objek wisata di Jepara yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di antaranya adalah:

Image credit: Wikipedia.com

  1. Wisata Karimunjawa
  2. Pulau Panjang-Jepara
  3. Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samudro
  4. Pantai Kartini
  5. Benteng Portugis
  6. Museum R.A. Kartini
  7. Air Terjun songgo langit
  8. Pantai Teluk Awur
  9. Pantai Pungkruk Jepara
  10. Pulau Mandalika
  11. Pantai Ombak Mati, dan lain-lain.

Tempat wisata terkenal di Jepara

Jepara adalah sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Jepara, sekaligus merupakan ibukota kabupaten. Wilayah Kabupaten Jepara membentang cukup luas hingga ke Kepulauan Karimunjawa yang merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Jepara yang terkenal akan keindahan alam dan pemandangan bawah lautnya, sehingga sering dijadikan sebagai tujuan wisata diving.

Namun selain Karimunjawa, masih ada banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi di Jepara, diantaranya:

1. Pantai Kartini

Selain pemandangan alam, objek wisata pantai adalah yang paling banyak ditemukan di Jepara. Termasuk salah satunya adalah Pantai Kartini yang berada di daerah Bulu. Pantai ini saban hari ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal karena selain menawarkan pemandangan alam dan pemandangan bahari, Pantai Kartini juga dipenuhi berbagai wahana permainan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama keluarga.

2. tempat wisata Pulau Panjang-Jepara

Tidak jauh dari pantai Kartini, ada Pulau Panjang. Sebuah pulau yang memiliki pantai yang panjang dan sangat indah, lengkap dengan sajian pasir putih dan air lautnya yang jernih. Tempat ini terasa semakin sempurna karena gelombangnya cukup tenang sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai tempat snorkeling, berenang, mandi atau bermain-main kano.

Untuk bisa sampai di Pulau Panjang, terlebih dahulu kita harus menyeberang dengan menggunakan perahu yang per orangnya harus membayar Rp.12.000. Bukan sebuah harga yang mahal jika dibandingkan dengan pemandangan alam yang akan kamu saksikan di Pulau Panjang.

3. Wisata Pantai Tirto Samudro

Objek wisata Pantai Tirto Samudro oleh penduduk setempat dikenal juga dengan nama Pantai Bandengan. Ini merupakan tujuan wisata masyarakat Jepara yang berlokasi 7 km dari pusat kota. Obyek wisata ini cukup terkenal dan menjadi favorit banyak orang mengingat lokasinya yang dekat tersebut. Selain karena dekat, tentu saja pantai ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Jepara.

Selain bermain, mandi dan berenang, pemandangan alam disekitar pantai ini serta perahu-perahu yang tertambat adalah daya tarik yang sulit untuk ditolak. Tidak hanya itu, tempat ini juga selalu ramai dikunjungi karena sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar berbagai event besar termasuk festival layang-layang.

4. Air terjun Songgolangit

Tempat wisata di Jepara yang menyajikan pemandangan alam indah adalah Air Terjun Songgolangit yang berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara

Air terjun yang indah dan mempesona ini tingginya mencapai 80 meter diapit tebing batu-batu yang berlumut. Pemandangannya sangat dramatis ditambah dengan suasana yang sejuk dan kondisi yang begitu alami akan menyegarkan pikiran dan mata siapapun yang mengunjunginya.

5. Pantai Pungkruk Jepara

Menikmati hidangan laut akan lebih nikmat apabila disajikan di pinggir pantai sambil menyaksikan pemandangan berupa laut, gelombang, dan mendengar debur ombak.

Ya, di Jepara, Pantai Pungkruk terkenal sebagai tujuan wisata kuliner untuk menikmati berbagai menu khas seafood yang lezat dan nikmat sekaligus berwisata. Di pantai ini ada banyak warung-warung makan yang menawarkan berbagai menu ikan terutama ikan bakar.

6. Museum Kartini Jepara

Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional yang berasal dari Jepara sehingga tidak aneh apabila namanya banyak disematkan di berbagai tempat. Begitu juga dengan perjalanan hidupnya di masa lalu yang mengukir tinta emas sejarah Indonesia dalam mengangkat emansipasi wanita.

Nama besar Raden Ajeng Kartini itulah yang juga digunakan untuk nama sebuah museum yang ada di Jepara yang lokasinya berada di Alun-alun Desa Panggang, Jepara.

Museum ini menyimpan banyak koleksi berupa peninggalan R.A. Kartini semasa hidupnya serta berbagai benda-benda kuno yang bersejarah.

7. Air Terjun Jurang Nganten

Lokasi Air Terjun ini berada di Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji, Jepara. Air Terjun Jurang Nganten adalah salah satu pemandangan indah lainnya di Jepara yang memiliki legenda memilukan. Walau demikian, keindahan pemandangan alam di sekitarnya adalah sesuatu yang sulit untuk ditolak oleh wisatawan yang ingin menyaksikan dan merasakan nikmatnya suasana sejuk dan menyegarkan yang ditawarkan di tempat tersebut.


Itulah beberapa tempat wisata menarik di Jepara yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata alternatif baik untuk liburan akhir pekan atau untuk mengisi waktu libur panjang.