Wednesday, December 21, 2016

Anak Alergi Saat Berwisata, Ini Tips Mengenal Alergi dan 3 Kiat Menghindari Alergi Tersebut

Saat berwisata, kita kadang tidak menyangka apa saja yang akan terjadi bukan. Terlebih jika kita membawa serta anak dalam sebuah perjalanan, akan ada banyak sekali kejadian tidak terduga seperti alergi. Untuk mencegah kemungkinan itu terjadi dan bisa membuat repot semua peserta wisata, ada baiknya kita mengenal dan tahu berbagai macam alergi dan cara menghindarinya.



Sepertinya banyak orangtua yang belum terlalu mengenal alergi yang terjadi pada bayi maupun anak-anak. Masalah mengenai alergi ini memang bukanlah masalah baru sebab sudah ada sejak zaman dulu dan masih bertahan sampai sekarang. Menangani alergi ini tentunya tidak bisa sembarangan namun jangan terlalu cemas pula sebab tindakan pertolongan wajib segera diberikan. Khusus pada bayi alergi ini kerap dipicu oleh konsumsi susu sapi, yang umumnya bersumber dari susu formula.

Kiat Menghindari Terjadinya Alergi Susu Sapi 


Idealnya bayi diperkenalkan makanan selain ASI adalah setelah menginjak usia 6 bulan dimana sistem pencernaannya sudah lebih sempurna dibanding saat lahir. Mencegah alergi juga perlu dilakukan sejak anak mengenal makanan padat pertamanya, berikut cara mencegahnya:

1.Mengenali riwayat alergi keluarga, 

Cek riwayat kesehatan keluarga diri sendiri dan pasangan apabila memang ada catatan alergi kenali jenisnya. Ada kemungkinan buah hati membawa alergi tersebut sehingga perlu hati-hati dalam memilihkan makanan pertamanya. Coba dulu sedikit, jika aman maka selanjutnya bisa diteruskan.

2.Memperkenalkan makanan padat bertahap, 

Makanan padat jenis apapun memang baiknya diperkenalkan kepada bayi secara bertahap dan pelan-pelan. Jangan menyamakan porsi makan bayi sama dengan orang dewasa sekaligus sistem memperkenalkannya tepat. Kenalkan makanan padat bayi satu per satu, misal hari ini menyediakan buah apel yang dihaluskan. Baru besoknya buah lain dan jangan mencampur satu buah dengan lainnya sebab bisa jadi salah satunya adalah allergen bayi.

3.Selektif memilih makanan padat bayi, 

Pilihan makanan padat bagi bayi lumayan beragam apalagi berkembangnya internet memberikan akses informasi resep makanan bayi dengan lengkap dan berlimpah. Namun usahakan memperhatikan pilihan makanan bayi tersebut. Usahakan memakai bahan alami atau jenis makanan organik yang bebas pestisida supaya aman masuk ke pencernaan si kecil. Makanan yang bermutu membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga lebih mudah melawan reaksi alergi. Jangan khawatir pula memperkenalkan Susu SGM sesuai usia bayi, sebab SGM membantu pemahaman alergi lebih dekat dan memberikan solusinya karena mensuplai susu bebas laktosa.

Dengan mengenal dan tau cara menghindarinya, semoga liburan yang kita lakukan semakin menyenangkan tanpa adanya gangguan yang membuat bingung kita para orang tua seperti alergi ini, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment