Tuesday, December 20, 2016

Pilihan Tujuan Liburan yang Paling Cocok untuk Anak

Saat tiba di penghujung tahun seperti saat ini, ini adalah waktu-waktu dimana kita biasanya mulai merencanakan liburan ke tempat-tempat tertentu. Bagi kamu yang saat ini sudah punya anak, mungkin kamu tidak akan bisa lagi sebebas dulu, saat masih single atau saat berdua aja dan belum ada yang ngekorin. Kalo liburan sama anak-anak, yang jelas, kita bisa memilih tempat-tempat wisata yang dipilih sudah pasti adalah yang paling cocok untuk anak-anak maupun ibudanbalita. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga apabila kita memilih tempat wisata yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa tujuan wisata yang benar-benar cocok untuk anak-anak diantaranya adalah:


1.Pantai


Pantai adalah tujuan yang paling cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Di pantai, ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari bermain-main pasir atau berenang dan mandi. Tapi, kamu juga harus pandai-pandai dalam memilih pantai yang bisa mengakomodasi anak-anak untuk bermain, yaitu dengan memilih pantai-pantai yang gelombangnya tidak terlalu besar atau memilih waktu liburan di mana gelombang sedang tidak berbahaya.

Di Bali, ada banyak pantai-pantai yang gelombangnya tidak terlalu besar seperti Pantai Kuta, Pantai Padang Padang, kemudian di Kalimantan Timur ada Pulau Beras Basah, sedangkan di Jakarta, ada Ancol. Ancol adalah tempat wisata pantai yang paling mudah dijangkau. Tentu saja masih ada banyak pilihan pantai lainnya yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata bersama anak-anak, terutama pantai-pantai yang menawarkan berbagai wahana permainan air.


2.Kebun binatang


Kebun binatang adalah pilihan tepat untuk di jadikan sebagai destinasi wisata Ibudanbalita pada saat liburan bersama anak-anak. Karena di sana anak-anak bisa belajar mengenai dunia binatang, untuk mengenal langsung dan melihat dengan mata kepala sendiri berbagai jenis hewan maupun binatang yang selama ini mungkin hanya mereka lihat di buku-buku, di televisi, atau mungkin selama ini mereka hanya mendengar nama binatang tersebut namun tidak pernah melihat wujud aslinya.

Jika ingin menikmati wisata ke kebun binatang yang lebih seru, diantara beberapa pilihan adalah dengan pergi ke Taman Safari yang ada di Saparua, di Jawa Timur, atau Taman Safari yang ada di Bali.


3.Waterpark


Mengisi liburan, terutama liburan akhir pekan, opsi yang bisa dipilih adalah pergi ke waterpark. Sama seperti pergi ke pantai, waterpark adalah tujuan tepat untuk berwisata karena tempat ini bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.


4.Sekolah alam


Ada banyak sekolah alam yang menawarkan berbagai permainan yang cocok untuk anak-anak. Biasanya, sekolah alam menawarkan tempat bermain sekaligus belajar yang menyenangkan. Mulai dari mengenal tanaman, bercocok tanam, mengenal dunia binatang, hingga melakukan berbagai aktivitas menarik seperti melukis, menari, bernyanyi, dan lain-lain.


5.Camping


Berkemah juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi liburan. Selain bisa menjadi media untuk mengajari anak bagaimana caranya hidup mandiri, berkemah juga seringkali sangat berakhir menyenangkan, mengingat ada banyak waktu dimana keluarga bisa berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan seru. Bahkan, kegiatan-kegiatan atau permainan sederhana seperti permainan kartu saja misalnya, hal tersebut bisa menciptakan suasana yang hangat, menyenangkan, dan menambah kedekatan antar keluarga.


6.Objek wisata terpadu


Indonesia, ada banyak pilihan tujuan wisata berupa objek wisata terpadu yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa contohnya adalah: Trans Studio, Trans Studio ada di Bandung dan juga di Makassar. Pilihan lainnya adalah Kidzania di Jakarta, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 Kota Wisata Batu Jawa Timur. Itulah beberapa pilihan tujuan liburan yang paling cocok untuk anak-anak. Tentunya semuanya dikembalikan pada minat maupun usia anak-anak saat ini. Sebelum memilih dan menentukan tujuan liburan, ada baiknya kamu berembuk terlebih dahulu dengan anak-anak agar semua anggota keluarga bisa menerima dan menikmati perjalanan wisata.

No comments:

Post a Comment