Saturday, December 10, 2016

Tips melakukan traveling sendirian (Solo Traveller)

Bagi kamu yang belum pernah bepergian sendirian, mungkin suatu saat kamu harus mencobanya. Karena pergi sendiri untuk berwisata bisa sangat menyenangkan bagi yang sudah pernah mengalaminya, mereka sebagian besar merasa sangat excited dan bahkan menganggapnya sebagai pengalaman yang mengasyikkan. Namun jangan lupa, sebelumnya harus mengetahui cara dan tips berkenalan dengan orang baru saat akan berangkat berwisata sendiri.

Pergi berwisata sendirian akan membuat kamu sebagai wisatawan bebas memilih kemanapun yang ingin kamu mau dan bebas memilih apapun yang ingin kamu lakukan tanpa interupsi dari orang lain. Hal ini bisa sangat menyenangkan karena kebebasan dalam memilih dan menentukan tujuan wisata, aktivitas hingga pilihan-pilihan yang lainnya bisa kamu sesuaikan dengan hati nurani.



Travelling sendirian juga akan memberikan kamu kesempatan lebih besar untuk memanjakan diri tanpa perlu repot-repot mempertimbangkan berbagai hal.

Namun, disamping berbagai kesenangan yang bisa dihadirkan oleh kegiatan travelling sendirian, kamu juga perlu waspada mengenai beberapa hal, misalnya mengenai keamanan, kesendirian, dan termasuk juga mungkin soal biaya.

Tapi, dengan sedikit persiapan dan rencana, kamu bisa menghemat uang, bisa aman travelling, dan Solo travelling yang kamu lakukan pun akan bisa menyenangkan.

Berwisata sendiri

Kenapa harus berwisata sendirian? Selain beberapa alasan yang telah disebutkan di atas, alasan lain mengapa kamu wajib mencoba untuk pergi berwisata sendirian diantaranya adalah:
  • Kamu bisa beristirahat kapanpun kamu mau
  • Kamu juga bisa pergi ke manapun yang kamu suka dan kapan pun yang kamu inginkan.
  • Menikmati sesuatu sendiri terkadang bisa menyenangkan dan memberikan ketenangan.
  • Kamu bisa mencoba hal-hal baru tanpa harus khawatir terjadi sesuatu yang memalukan yang akan digunakan oleh temanmu untuk mengejek atau memojokkanmu suatu saat nanti
Dan tentu saja ada masih banyak kelebihan lain travelling sendirian yang akan kamu rasakan.

Tips travelling sendirian


Pastikan kamu aman saat travelling sendirian

Perhatian utama yang harus menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan wisata sendirian adalah faktor keselamatan. Tanpa adanya pendamping, terutama bagi anda yang perempuan akan membuat kamu jauh lebih rentan terhadap ancaman dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu sama kamu juga harus memperhatikan kesehatanmu. Karena mungkin saja tidak ada orang lain yang bisa kamu minta bantuan.

Tidak perlu khawatir, saat ini sebagian besar tujuan berlibur atau tujuan traveling baik di Indonesia maupun di luar negeri sudah cukup aman sehingga cukup mudah untuk berbaur dengan warga sekitar atau para traveler yang datang dari berbagai tempat.

Gali informasi sebanyak-banyaknya

Saat berwisata, setidaknya, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal agar kamu tidak tampak Kagok atau kikuk saat pertama kali menginjakkan kaki di suatu tempat. Beberapa hal yang perlu kamu gali lebih dalam diantaranya adalah pilihan kendaraan yang akan digunakan, biaya transportasi, opsi apa saja yang tersedia untuk transportasi maupun Hotel, hingga apa saja yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke tempat-tempat Wisata.

Kamu bisa mempercayai siapapun, dan sebaliknya jangan menaruh kepercayaan kepada siapapun

Yang jelas, Salah satu alasan mengapa traveller pergi sendirian untuk berwisata adalah untuk bisa bertemu dengan orang-orang baru dan berkenalan dengan orang-orang yang dijumpai di perjalanan atau di tempat wisata. Tips berkenalan dengan orang baru yang harus kamu perhatikan adalah, kamu bisa berkenalan dengan siapapun dan membuat pertemanan dengan siapapun, namun kamu tetap harus waspada. Kamu tidak boleh begitu saja percaya dengan orang lain tanpa bukti. Selain itu, kamu juga harus hati-hati terhadap orang lain terutama menyangkut barang-barangmu. Jangan mudah menitipkan barang kepada orang yang baru kamu kenal.

Hindari berwisata sendiri jadi berdua

Seringkali pada saat kita melakukan wisata ke suatu tempat, kadangkala kita berkenalan dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama atau memiliki banyak kesamaan dengan kita sehingga kita menjadi sangat akrab kadangkala, keakraban tersebut justru menyita perhatian yang membuat kita harus atau terpaksa melakukan travelling berdua dengan teman baru tersebut.

Walaupun dalam beberapa hal bisa menguntungkan, namun mendapatkan teman baru untuk travelling akan membuat Solo wisatamu menjadi kurang memuaskan. Jadi kamu walaupun kamu akrab dengan orang baru, tetaplah sedikit menjaga jarak dan pastikan kamu tetap menjalankan rencana untuk pergi sendirian.

Jangan lupa bawa keperluan keperluan paling penting untuk kamu pribadi

Ada beberapa hal penting yang tidak bisa diwakili orang-orang lain diantaranya adalah obat-obatan. Apabila kamu memiliki suatu penyakit misalnya asma, atau memiliki penyakit tertentu yang kemungkinan akan sulit mendapatkan obat-obatan di tempat wisata, pastikan kamu membawa obat-obatan tersebut dan pastikan membawa obat-obatan ada di list paling atas.

Pelajari bahasa setempat

Saat melakukan Solo traveling, kita tidak hanya bisa mengandalkan bahasa Inggris. Bahasa setempat paling tidak harus juga ikut dipelajari. Atau paling tidak, kuasai lah beberapa kata yang tampaknya penting.

 Kenali kekuatan diri sendiri

Ketika pergi berwisata sendirian, kamu harus mengerti kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Begitu juga dengan kekuatan tenagamu, pada saat pergi berwisata sendirian, sangat dianjurkan bagi kamu untuk pergi ke tempat-tempat yang ramai atau banyak hiburannya, dan sebaliknya bukan ke tempat-tempat yang sedikit ekstrim seperti mendaki gunung atau ke tempat-tempat yang terlalu sepi.

Jangan lupa bawa tongsis

Pergi sendirian memang sangat merepotkan karena kita seringkali kesulitan mengambil foto yang bagus sesuai dengan keinginan terutama tanpa bantuan orang lain. Agar semua itu bisa teratasi, Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menenteng Tongsis Tongsis selain ringan, mudah dibawa kemana mana, ringkas, juga bisa menjadi opsi lain karena membawa tripod sudah pasti akan sangat berat.

Itulah beberapa tips pergi traveling sendirian. Agar lebih mudah, mungkin kamu juga bisa berbekal buku-buku travelling yang dilengkapi dengan panduan cara berwisata ke mana pilihan tujuan wisata, dan berbagai informasi penting seperti tarif maupun pilihan transportasi.

No comments:

Post a Comment