Thursday, March 2, 2017

4 Tips Membuat Taman Ruang Terbuka pada Rumah Minimalis

“Tanpa adanya taman, rumah akan terasa gersang dan panas”

 Istilah ini sangat tepat karena tanaman atau tumbuhan adalah produsen oksigen yang selalu kita hirup setiap harinya, apa jadinya jika dunia ini tanpa tumbuhan. Begitu pula pada tempat tinggal, sekalipun itu adalah tempat tinggal dengan konsep minimalis setiap rumah tetap membutuhkan tanaman, salah satu caranya dengan membuat taman ruang terbuka pada rumah. Ini dia tips untuk kamu yang ingin membuat taman terbuka pada rumah minimalis kamu :



#1. Tanam 1 Pohon Besar


Banyak sekali manfaat yang yang diberikan oleh taman atau halaman untuk rumah dan penghuninya. Untuk taman atau halaman depan ini dapat menjadi penyaring udara, debu dan keramaian suara atau bising. Dan pohon yang ditanam di halaman depan dapat menjadi penyejuk rumah dari terik matahari, namun jika halaman pada rumah minimalis kamu tidak terlalu besar, cobalah menanam 1 pohon besar saja yang sesuai dengan ukuran halaman rumah.


#2. Gunakan Paving Block


Jika sebagian orang mencoba membeton permukaan lantai pada halaman depan atau garasi, ini merupakan hal yang tidak bagus karena dengan membeton atau menutupnya dengan batu akan menghalangi penyerapan air pada rumah tersebut. Alangkah lebih baik jika kamu memakai paving block saja karena biarpun merupakan pengerasan tanah tapi setidaknya masih memungkinkan untuk menyerap air ke dalam tanah sehingga tanaman pada halaman depan akan tetap terjaga.

#3. Dry Garden


Taman di belakang atau bisa juga disamping tidak harus ditanami tumbuhan, mengingat terbatasnya asupan cahaya matahari yang tertutup dinding. Taman yang berada di belakang atau ditempat itu dan di pinggir rumah bisa kamu buat menjadi Dry Garden atau taman kering. Yang permukaan tanahnya ditutup dengan kerikil dan ditempatkan beberapa vase tanaman contohnya paku-pakuan, kuping gajah, berbagai jenis indoor plant sebagai penyejuk.

#4. Kolam Ikan


Jika pada rumah minimalis anda masih terdapat area kosong, kamu dapat memanfaatkannya dengan membuat kolam ikan kecil yang disertai air terjun. Lalu kamu bisa menyimpan beberapa tanaman yang dapat tumbuh di air. Membuat taman pada suatu rumah sangatlah disarankan karena selain banyak manfaatnya, ini juga dapat dibuat minimalis. Membuat rumahmu terlihat lebih menarik, sekalipun itu merupakan rumah dengan tema yang modern dan mewah.

Apakah kamu pernah lihat rumah dijual di Bandung tipe minimalis dengan taman yang penuh dengan tumbuhan dan bunga-bunga seperti kriteria di atas?? Share ya..

No comments:

Post a Comment