Friday, February 16, 2018

7 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal dan Populer

Jawa Tengah yang beribukota di Semarang merupakan salah satu provinsi yang kaya akan destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, bawah laut, kuliner, hingga wisata belanja. Menariknya, Jawa Tengah berbatasan langsung dengan laut di sebelah selatan dan di sebelah utara. Di sebelah selatan ada Samudra Hindia dan di sebelah utara provinsi ini berbatasan langsung dengan laut Jawa. Tak pelak, kondisi geografis tersebut membuat banyak wilayah di Jawa Tengah yang punya pantai indah dan menarik.



Tempat wisata di Jawa Tengah jumlahnya, buanyaaa.....k. Tapi jika harus memilih yang terbaik, paling terkenal, atau paling populer, 7 objek wisata berikut ini seharusnya masuk nominasi.
  1. Candi Borobudur. Saat mendengar kata Jawa Tengah disebut, banyak di antara kita yang membayangkan langsung Borobudur. Tidak mengherankan, mengingat Candi di kota Magelang ini merupakan ikon wisata Jawa Tengah. Lokasinya kurang lebih 40 km ke arah barat laut Yogyakarta. Biasanya, wisatawan yang berwisata ke Jogja akan menyempatkan diri berkunjung ke Candi yang dilengkapi dengan 504 stupa dan 1460 relief ini.
  2. Candi Prambanan. Objek wisata terkenal di Jawa Tengah selanjutnya adalah Candi Prambanan yang dikenal dengan julukan Candi Sewu. Keindahan dan jumlah candi yang sangat banyak, termasuk pertunjukan budaya (atraksi seni) Teater Ramayana yang digelar di pelataran candi--membuat Candi Prambanan di Klaten tidak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun.
  3. Karimunjawa. Karimunjawa merupakan tempat wisata populer yang banyak diminati oleh para pencinta keindahan alam bawah laut. Ini adalah destinasi wisata para penyelam yang ingin menikmati cantiknya terumbu karang dan biota laut. Karimunjawa dianggap sebagai salah satu tempat terindah untuk menikmati pemandangan bawah laut selain Raja Ampat di Papua, Kepulauan Seribu di Jakarta, kepulauan Alor di Nusa Tenggara Timur, hingga Wakatobi di Sulawesi Tenggara.
  4. Dataran Tinggi Dieng. Keindahan alam adalah daya tarik utama tempat ini. Pemandangan alamnya yang eksotis dan mempesona mampu menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung setiap tahunnya. Walau demikian, ada juga candi-candi dan budaya setempat yang membuat pengalaman berwisata ke tempat ini semakin menarik.
  5. Ngarsopuro Night Market. Bergeser ke kota Solo. Di sana ada Ngarsopuro Night Market yang mirip-mirip dengan Malioboro-nya Yogyakarta. Uniknya, pasar malam yang buka mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00 setiap malam Sabtu dan malam Minggu ini dimeriahkan live performance berupa seni musik, seni tari, hingga seni budaya lokal (etnik Solo).
  6. Kota Lama. Ibukota Jawa Tengah ini sebenarnya punya banyak tempat wisata menarik. Sebut saja Lawang Sewu, Museum Rekor Indonesia, Old City 3D Trick Art Museum, Taman Mini Jawa Tengah, Kampung Pelangi, Marina Beach, sampai Masjid Agung. Di antara sekian objek wisata di Jawa Tengah yang terkenal, Kota Lama adalah destinasi yang hampir tidak akan pernah terlewatkan karena punya keunikan dan daya tarik tersendiri.
  7. Pantai Suwuk. Kalo kamu tertarik dengan pantai, Pantai Suwuk di Jawa Tengah adalah salah satu pantai recommended yang sebaiknya tidak kamu lewatkan karena pantai ini punya pemandangan yang indah dengan ombak laut yang lumayan besar serta bibir pantai yang luas dan landai. Selain indah, pantai ini juga dilengkapi fasilitas yang lumayan lengkap. Di sana para pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil jalan kaki di bibir pantai atau bisa juga dengan naik kuda.

No comments:

Post a Comment