Wednesday, March 7, 2018

Sensasi Arung Jeram Sungai Ayung. Paduan Petualangan dan Keindahan

Bali tak butuh lagi banyak penjelasan tentang keindahannya. Pasalnya, Pulau Dewata sudah mendunia, jauh sebelum destinasi lain di tanah air dikenal banyak orang. Bahkan, banyak pelancong dari luar negeri yang lebih mengenal Bali, ketimbang Jakarta atau bahkan Indonesia. Orang akan lebih mengingat Bali ketimbang menyebut Indonesia. Itu fakta.

Hampir semua sudut Bali adalah keindahan. Bali sudah menjelma menjadi keindahan itu sendiri.

Salah satu pantai di Bali


Data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali menyebutkan bahwa Bali dikunjungi 4,92 juta orang turis mancanegara selama tahun 2016. Besaran ini naik 4,92% dibanding tahun sebelumnya yang merekam 4,001 juta orang wisatawan.

Para wisatawan ini mendarat di Bandara Ngurah Rai, langsung dari negara mereka sebanyak 4,85 juta orang, dan 75.303 pelancong masuk ke Bali melewati pelabuhan laut. Ini berarti, sebagian besar wisatawan yang ke Bali lebih memilih terbang untuk sampai disana. Angka ini jauh dari provinsi atau destinasi lain di Indonesia dalam periode yang sama. Anda pun dapat melakukan hal yang sama dan pesan tiket pesawat ke Bali sesuai rencana liburan anda.


Memang, Bali menyimpan sejuta pesona. Hampir semua destinasi wisata, ada disana. Lengkap. Mulai dari pesona pantai, gunung, alam bawah laut, kuliner, pusat belanja, hingga wisata budaya, semuanya ada.

Termasuk, wisata petualangan. Bali punya banyak lokasi wisata petualangan. Salah satunya, Arung Jeram Sungai Ayung. Jika yang anda ketahui bahwa arung jeram menyajikan tantangan seperti di  Arung Jeram Sungai Telaga Waja, maka spot yang satu ini menawarkan hal yang lain. Ia lebih menyuguhkan keindahan.

Mengayuh jeram di Sungai Ayung punya sensasi berbeda. Sangat indah. Dari pahatan tebing andesit berhiaskan ukiran relief yang mengisahkan kelahiran Rama, dalam kisah Ramayana. Relief ini membentang sekitar setengah kilometer. Cukup panjang.

Ditambah, pepohonan yang hijau sepanjang bibir sungai sampai sejauh mata memandang, semuanya hijau membentang. Jika Anda mengagendakan beberapa hari dalam tahun 2018 ini untuk mencari suasana baru, Sungai Ayung adalah salah satu pilihan yang tepat. Jadi, persiapkan waktu, termasuk biaya yang harus kamu keluarkan. Jangan lupa, pesan tiket pesawat ke bali jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan Anda menuju pulau dewata. Termasuk, hotel atau penginapan yang ada di sana. Bali menyediakan ribuan penginapan dengan fasilitas dan varian harga yang beragam. Anda dapat cek promo hotel di reservasi.com agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.

Liburan Anda di Sungai Ayung akan sangat mengesankan. Di sini, Anda akan menikmati arung jeram selama kurang lebih 2 jam, dengan menempuh rute sepanjang 12 kilometer. Lintasan ini cukup panjang untuk Anda yang masih pemula dalam menikmati paket liburan yang satu ini. Sensasinya sudah teruji. Banyak testimoni para traveller yang mengakui keindahan dan petualangan yang menantang di Sungai Ayung. Lebih santai dan ringan dibanding Sungai Telaga Waja.

Anda akan dimanjakan dengan palungan-palungan kecil dengan genangan yang dalam, dan sepanjang perjalanan Anda akan dipayungi rimbunan pepohonan yang hijau. Aneka bentuk dan rupa bebatuan kali juga akan menarik anda sejenak untuk berfoto ria.

Anda dapat menikmati perjalanan sejauh 12 kilometer itu dengan perahu karet berkapasitas 5 orang. Ditemani 1 orang guide yang menghantarkan 4 peserta ayung raffting. Rugi jika anda hanya datang seorang diri atau berdua saja. Karena, Anda akan digabungkan dengan peserta lain. Sayang kan?

Padahal, lebih seru jika seperahu, mendayung, teriak, basah-basahan dengan keluarga atau teman-teman dekat Anda. Maka, jika sudah mengagendakan liburan, ajaklah orang-orang terdekat Anda. Segera pesan tiket pesawat ke Bali dan masukkan Sungai Ayung sebagai salah satu tujuan yang akan anda sambangi nanti.

Anda harus melakukannya jauh-jauh hari, sebab setiap hari wisatawan mengantri menikmati petualangan water sport ini, dan membawa serta keluarga atau teman dekat mereka. Karena, Sungai Ayung memiliki level kesulitan pada grade 2-3. Tak begitu deras, tak begitu sulit. Lebih ringan dan aman tentunya.

Lintasan sungai ini membentang dari titik Utara ke Selatan Bali. Untuk menuju titik start, Anda bisa melewati kawasan timur Ubud, atau dari Barat dengan melewati desa Carangsari.

Lokasi ini tak jauh dari kawasan wisata Sangeh. Jika enggan menggunakan kendaraan umum menuju kesana, banyak tempat penyewaan mobil beserta jasa pramudi yang bisa Anda pakai dengan harga yang terjangkau.

Eits, jangan lupa! Jika ingin menikmati sensasi Arung Jeram di Sungai Ayung ini, beberapa perlengkapan harus Anda siapkan. Misalnya pakaian renang dan pakaian ganti, sun block, tas yang sudah dilengkapi kantong plasik untuk menyimpan pakaian basah, juga punya sepatu sport atau sandal berstrap agar kaki Anda lebih aman.

Jika Anda masih ragu dengan semua yang diberikan Sungai Ayung, maka kalian tidak percaya dengan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama.

Karena, saat liburan ke Bali usai melaksanakan tugas sebagai presiden AS sebelum digantikan Donald Trump, Obama main ke sini. Ia memboyong keluarganya lengkap.

Saat itu, foto-foto Obama menikmati arung jeram disini, populer ke seluruh dunia. Ia mengenakan kaos putih dan celana hitam, tenang memegang kayuh dan berpose manis ke arah kamera.

Sehingga, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak segera pesan tiket pesawat ke bali, untuk menikmati Sungai Ayung dan keindahan lain yang ditawarkan Pulau Dewata. Anda juga bisa menginap di beberapa penginapan dengan banyak varian harga disekitar Sungai Ayung. Salah satu situs yang bisa anda gunakan untuk cek promo hotel adalah di reservasi.com


No comments:

Post a Comment