Tuesday, January 17, 2017

4 Waktu Paling Tepat Berkunjung ke Jogja

Merencanakan waktu liburan yang tepat sangat menentukan kualitas liburan kita bukan? Pada umumnya wisatawan memilih berwisata ke Jogja hanya saat libur sekolah tiba. Padahal memilih waktu paling tepat liburan ke Jogja akan membuat segalanya terasa lebih mengasyikkan. Ulasan artikel di bawah ini akan membantu kamu memilih waktu terbaik untuk mengunjungi Jogja.



1. Bulan Mei


Jogja adalah surganya tempat ziarah rohani bagi umat Katolik. Bagi mereka, bulan Mei menjadi bulan favorit yang untuk berziarah ke lokasi-lokasi Gua Maria untuk menyampaikan doa dan ucapan syukur. Mengunjungi Jogja pada bulan Mei sangat tepat mengingat lokasinya yang tersebar di beberapa kabupaten di Jogja.


  • Dari sisi barat ada Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Lawangsih yang lokasinya ada di perbukitan Menorah, Kulonprogo. Bergeser beberapa kilometer ke arah timur ada Gua Maria Jatiningsih yang letaknya di Dusun Jitar-Pingitan, Moyudan, Sleman. 
  • Menuju arah pesisir selatan Jogja tepatnya di Gunungkidul ada Gua Maria Tritis dengan pesona gua alam yang mengagumkan. 
  • Selain melakukan perjalanan wisata ziarah, pengunjung juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata di sekitar Jogja yang tak kalah menarik diantaranya: wisata alam Waduk Sermo dan Kalibiru di Kulonprogo, wisata alam Puncak Suroloyo di Samigaluh, Kulonprogo atau wisata pantai di sepanjang pesisir pantai selatan Jogja. Apalagi tanggal 5-6 Mei 2016 ada libur peringatan kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. 


2. Libur Awal Puasa di Bulan Juni


Di tahun 2016 ini akan terasa lebh menarik jika kamu memanfaatkan bulan enam ini untuk liburan ke Jogja. Libur permulaan puasa menjadi pilihan tepat untuk melakukan perjalanan wisata ke kota Jogja. Cuaca di bulan Juni sangat mendukung karena diperkirakan awal musim kemarau terjadi pada bulan Mei. Sambil menikmati libur awal puasa, tak ada salahnya ikut mencicipi kuliner berbuka puasa di Kampung Ramadhan Jogokariyan, mencoba makanan khas ramadhan di Pasar Sore Ramadhan Kauman atau menghabiskan sore di Kampung Ramadhan Jalur Gaza di Jogja.

3. Libur Idul Fitri 3-7 Juli 


Bagi umat muslim, merayakan Idul Fitri di Jogja bisa menjadi salah satu alternatif mengisi liburan keluarga. Libur jelang Idul Fitri menjadi waktu yang tepat untuk memanjakan diri dengan melakukan wisata belanja. Jika lebaran di Jogja, kita bisa menyaksikan kirab dan arak-arakan gunungan pada upacara Grebeg Syawal dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat  menuju alun-alun utara dan gunungan berhenti di Masjid Gede Kauman. Jika kamu hobi fotografi, perayaan Grebeg Syawal ini menadi momen tahunan yang ditunggu-tunggu.

4. Selama Bulan Agustus


Bagi wisatawan asing, bulan Agustus menjadi pilihan tepat untuk menikmati Jogja di musim panas. Ada wisata pantai di pesisir selatan Jogja dengan berbagai macam pesona alamnya, wisata pegunungan di Kaliurang & Bukit Menoreh, wisata petualangan cave tubing di Gua Pindul atau Kalisuci. Berwisata outbond di Desa Wisata Grogol, wisata memetik buah naga di Mangunan, Bantul juga menjadi alternatif kunjungan yang mengasyikkan. Bagi pecinta wisata trekking, merayakan hut RI 17 Agustus di Puncak Merbabu menjadi momen yang membanggakan. Menyaksikan lomba-lomba menyambut hut kemerdekaan RI di Jogja merupakan hal menarik.

Percaya deh liburanmu semakin menarik kalau melancong ke Jogja saat musim panas sekitar bulan Mei- Agustus. Kamu akan menemukan sensasi berwisata alam yang lebih nyaman dimusim panas ketimbang saat musim hujan. Jangan sampai salah memilih waktu liburan kalau tidak ingin liburanmu mengecewakan dan terasa hambar.

No comments:

Post a Comment