Wednesday, November 27, 2019

Manfaat Berwisata Alam dan Sehatnya Air Pegunungan

Saat ini banyak sekali produk air minum kemasan yang bisa kita jumpai dengan mudah di toko-toko terdekat. Berbicara soal air kemasan, di setiap kemasan pasti akan dengan mudah kita temukan keterangan yang mengatakan bahwa, air minum tersebut bersumber dari pegunungan. Mengapa, air dari pegunungan selalu dijadikan sebagai magnet untuk menarik minat pembeli?

Apakah air pegunungan lebih baik dibandingkan dengan air yang bersumber dari dataran rendah?


Jika diteliti lebih jauh, air pegunungan memang dianggap lebih sehat dibandingkan dengan air yang bersumber dari dataran rendah. Selain bebas dari polusi atau limbah (kontaminan berbahaya), air di pegunungan umumnya lebih banyak mengandung mineral dan tak sedikit diantaranya yang mengandung ultraviolet serta oksigen.



Karena dianggap lebih murni dan lebih sehat, maka tak mengherankan apabila banyak perusahaan Air Minum kemasan yang aman mengedepankan "air pegunungan" sebagai daya tarik utama mereka. Seperti yang dilakukan oleh merk dagang Le Minerale.

Sumber mata air Le Minerale yang berasal dari pegunungan dan diambil di kedalaman 100 meter adalah fakta yang tak terelakkan. Kandungan air pegunungan yang sehat dan bersih membuat kita yang menikmatinya jadi lebih mudah mengakses minuman sehat yang banyak mengandung mineral, oksigen, ataupun ultraviolet.

Di samping memiliki air yang sehat, pegunungan juga memiliki banyak hal menarik lainnya, yang layak untuk dinikmati. Mulai dari pemandangannya yang indah hingga udaranya yang segar serta suasananya yang tenang dan menyenangkan.

Menurut penelitian, berwisata alam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental, beberapa di antaranya adalah:


Bisa membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan

Tidak begitu mengherankan apabila kegiatan yang melibatkan fisik bisa membantu kita mempertahankan berat badan atau menurunkan berat badan. Pergi hiking, panjat tebing, hingga mendaki gunung tentu saja membutuhkan tenaga yang tidak sedikit dan mengharuskan kita untuk bergerak terus-menerus sehingga banyak lemak tubuh yang bisa dibakar.

Menurut penelitian, Colorado adalah wilayah yang tingkat obesitas masyarakatnya paling rendah di dunia yaitu 19,8% saja. Kenyataan tersebut tidak hanya disebabkan karena daerah ini memiliki kontur pegunungan yang memudahkan masyarakatnya untuk pergi berwisata alam dengan mendaki gunung. Tapi, tinggal di ketinggian ternyata juga bisa mendorong penurunan berat badan.

Menurunkan resiko penyakit jantung

Selain bisa membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan, pergi berwisata ke gunung juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Oksigen yang ada di ketinggian cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan di dataran rendah. Pengurangan oksigen ternyata tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Karena menurut ahli, sedikitnya oksigen di pegunungan ternyata bisa membantu menciptakan jalur baru bagi pembuluh darah agar oksigen bisa mengalir.

Selain itu, kondisi tersebut juga bisa membantu mengurangi resiko meninggal akibat penyakit jantung iskemik. Fakta tersebut dikuatkan dengan bukti-bukti ilmiah yang mengatakan bahwa tinggal di dataran tinggi dapat membuat jantung lebih sehat.

Bisa dengan mudah mengakses udara segar

Daerah pegunungan yang bebas dari polusi adalah tempat terbaik untuk menghirup udara segar selain di pantai. Mengisi paru-paru dengan udara yang segar dan oksigen yang bebas dari polusi udara akan membuat tubuh dan otak jadi lebih segar dan sehat.

Bisa membantu kita mengurangi tingkat stress

Selain dipicu karena memikirkan pekerjaan atau tugas, kebisingan adalah pemicu stres yang perlu diwaspadai. Di kota-kota, setiap hari kita selalu mendengarkan suara kendaraan, suara televisi, dan berbagai suara lain yang bersumber dari kegiatan kegiatan sehari-hari di masyarakat ataupun di rumah sendiri.

Berbagai suara tersebut tentu saja sangat mengganggu dan bisa menyebabkan kita merasa sulit mendapatkan ketenangan. Dengan pergi berlibur ke gunung, atau ke tempat-tempat wisata alam yang sepi, kita bisa menikmati ketenangan yang akan membuat perasaan tertekan atau stres berkurang.

Karena manfaat tersebut tidak mengherankan apabila banyak orang yang rela berinvestasi dengan membuat dan membeli villa di pegunungan atau di tempat-tempat yang terpencil.

Pemandangan yang indah akan menciptakan perasaan damai dalam jiwa

Bagi Anda yang mengidamkan kedamaian batin, pergi berwisata alam ke pegunungan adalah pilihan tepat. Selain menawarkan ketenangan, pegunungan juga menawarkan keindahan alam yang akan memberikan perasaan damai di dalam jiwa.

Keindahan alam tersebut tidak hanya akan membuat batin merasa lebih tenang tapi juga akan membuat badan kita jadi lebih sehat dan pikiran jadi lebih positif. Selain bisa mendapatkan manfaat positif dari indra penglihatan, berwisata alam juga akan membuat kita lebih sehat karena menghirup bau yang alami, jauh dari kebisingan, dan merasakan suasana yang lebih alami.

Karena itulah, tidak mengherankan apabila banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita untuk sering-sering berlibur ke gunung atau berwisata alam demi meningkatkan kesehatan mental, menenangkan pikiran, menyehatkan otak, hingga menenangkan saraf.

No comments:

Post a Comment