Sunday, March 26, 2023

Rutin Traveling Bantu Turunkan Resiko Osteoporosis

Osteoporosis atau kondisi penurunan kekuatan atau kepadatan tulang tidak hanya dialami oleh orang-orang lanjut usia. Melainkan, remaja dan anak-anak juga dapat mengalami osteoporosis, terutama jika mereka memiliki faktor risiko tertentu seperti,

  • Riwayat keluarga
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, atau
  • Karena kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes serta tiroid yang tidak seimbang

Osteoporosis adalah penurunan kekuatan tulang pada lansia

Kurang bergerak atau kurang olahraga adalah salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan osteoporosis, terutama jika kekurangan aktivitas fisik tersebut terjadi sejak masa kanak-kanak dan remaja.

Aktivitas fisik sejatinya dapat membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang serta membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Selain kurang bergerak atau kurang olahraga, ada juga faktor risiko lain yang dapat menyebabkan osteoporosis, seperti konsumsi alkohol berlebih, merokok, penggunaan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, serta kondisi kesehatan tertentu semisal gangguan hormonal, arthritis rheumatoid, dan anoreksia (gangguan makan) dan bulimia.

Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk menjaga gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang, menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan osteoporosis, dan olahraga secara teratur.

Traveling Bisa Menurunkan Resiko Osteoporosis

Traveler Asia sedang menjelajah untuk turunkan resiko osteoporosis

Meskipun traveling secara teknis tidak termasuk kegiatan olahraga karena tidak melibatkan aktivitas fisik yang intensitas, namun, traveling dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan menurunkan risiko osteoporosis dalam berbagai cara.

Misalnya, saat jalan-jalan, kita seringkali mengunjungi tempat-tempat baru dan berjalan kaki untuk menjelajahi sekitarnya.

Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, terutama jika Anda berjalan di medan yang bervariasi seperti jalanan yang naik-turun, berbukit, atau berjalan di pasir pantai.

Disamping membantu meningkatkan kepadatan tulang, jalan-jalan saat traveling juga dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan mental.

Kemudian, traveling dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan memberikan waktu untuk istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang cukup diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tulang dan memperkuat jaringan tulang.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa, traveling sendiri tidak cukup untuk mencegah atau mengobati osteoporosis.

Untuk mencegah osteoporosis, para ahli menyarankan kita agar menjaga gaya hidup sehat yang meliputi diet yang seimbang, olahraga teratur, dan menghindari faktor risiko seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebih.

Rekomendasi Destinasi Traveling untuk Mencegah Osteoporosis

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan beragam aktivitas yang dapat membantu meredakan stres sekaligus membantu mencegah osteoporosis.

Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang dapat membantu mencegah osteoporosis:

  • Mendaki Gunung - Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu memperkuat tulang. Di Indonesia, terdapat banyak pilihan gunung yang bisa didaki seperti Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Merbabu di Jawa Tengah, dan Gunung Kerinci di Sumatera Barat.
  • Snorkeling atau Diving - Aktivitas snorkeling atau diving dapat membantu memperkuat tulang dan melatih keseimbangan tubuh. Indonesia memiliki keindahan laut yang tak terhitung jumlahnya, seperti Raja Ampat di Papua, Gili Trawangan di Lombok, dan Pulau Weh di Aceh.
  • Berjalan di Pasir Pantai - Berjalan di pasir pantai dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan tulang pada kaki. Beberapa pantai yang menawarkan keindahan alam yang indah dan pasir pantai yang cantik seperti Pantai Kuta di Bali, Pantai Parangtritis di Yogyakarta, dan Pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung.
  • Yoga Retreat - Yoga merupakan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membantu mengurangi stres. Indonesia memiliki banyak tempat yoga retreat yang menawarkan suasana yang tenang dan damai seperti Ubud di Bali, Bukit Lawang di Sumatera Utara, dan Lembang di Jawa Barat.
  • Berjalan-jalan di Taman Nasional - Berjalan-jalan di taman nasional dapat membantu memperkuat otot dan tulang pada kaki, dan juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif. Beberapa taman nasional yang menawarkan keindahan alam yang memukau seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua, dan Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.

Berwisata ke tempat-tempat penghasil susu juga dapat membantu mencegah dan menurunkan resiko osteoporosis karena susu adalah salah satu sumber kalsium yang baik untuk tulang.

Berikut beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil susu:

  • Puncak, Jawa Barat - Puncak terkenal sebagai penghasil susu sapi dan kambing yang berkualitas. Selain menikmati keindahan alam pegunungan, wisatawan juga dapat mengunjungi peternakan sapi dan kambing di daerah tersebut.
  • Lembang, Jawa Barat - Lembang terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi dan susu kambing yang berkualitas. Wisatawan dapat mengunjungi peternakan sapi dan kambing, serta menikmati berbagai produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan es krim.
  • Kandang Sapi (KANSA), di Wonosalam Jawa Timur - Wonosalam terkenal sebagai penghasil durian serta terkenal karena di sana banyak ternak kambing dan sapi yang berkualitas.
  • Pujon, Jawa Timur - Pujon terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi yang berkualitas. Wisatawan dapat mengunjungi peternakan sapi, serta menikmati berbagai produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan es krim.
  • Kintamani, Bali - Kintamani terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi dan susu kerbau yang berkualitas. Selain menikmati keindahan Gunung Batur dan Danau Batur, wisatawan juga dapat mengunjungi peternakan sapi dan kerbau di daerah tersebut.

Kesimpulan

Berwisata ke tempat-tempat yang menuntut fisik seperti hiking atau bermain ski, dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis pada segala usia. Selain itu, mengunjungi tempat-tempat penghasil susu seperti peternakan sapi atau kambing dapat membantu meningkatkan asupan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Osteoporosis adalah kondisi medis di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Dalam sudut pandang wisata, osteoporosis dapat membatasi kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan fisik dan menikmati pengalaman wisata.

Seorang nenek liburan di pantai

Oleh karena itu, mencegah osteoporosis melalui gaya hidup yang sehat seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang seimbang, dapat membantu menjaga kesehatan dan memungkinkan seseorang untuk menikmati pengalaman wisata dengan lebih optimal. Jadi, selain destinasi wisata yang menarik, penting juga untuk memperhatikan kesehatan tulang kita agar dapat menikmati pengalaman wisata dengan lebih baik.

No comments:

Post a Comment