Wednesday, October 18, 2023

Bengkel Pilihan Saya untuk Merawat Motor Matic Supaya Awet

Motor matic adalah pilihan favorit bagi banyak orang karena kemudahan penggunaannya dan kenyamanannya saat dikendarai. Namun, agar motor matic tetap awet dan performanya tetap optimal, perawatan dan pemilihan bengkel yang tepat sangatlah penting.

Dalam artikel ini, saya akan membahas cara saya merawat motor matic agar awet puluhan tahun dengan menggunakan layanan servis terbaik. Selain itu, saya juga akan sedikit mengulas tentang bengkel motor Planet Ban yang saya anggap sebagai bengkel servis motor terpercaya dan terbaik serta murah.

Kiat Saya Merawat Motor agar Awet

Setiap orang pasti punya caranya sendiri-sendiri dalam melawan motornya agar bisa awet dan dapat digunakan selama puluhan tahun atau bahkan lebih. Saya sendiri punya motor matic yang saat ini usianya sudah mencapai 11 tahun.

Meski sudah lebih dari 10 tahun, namun performa dan juga kondisinya secara keseluruhan masih sangat baik. Bahkan, saya berani bilang kalau kondisi motor saya ini terasa lebih prima dibandingkan dengan beberapa motor matic yang usianya jauh lebih muda.

Apa kunci perawatan yang saya lakukan agar motor jadi awet dan tetap memiliki performa yang optimal?

1. Kunci Merawat Motor Matic: Ganti Oli Sesuai Rekomendasi Pabrik

Langkah pertama yang selalu saya utamakan dalam merawat motor matic adalah mengganti oli mesin secara rutin sesuai rekomendasi pabrik. Karena menurut saya mesin adalah jantung dari motor itu sendiri.

Seiring waktu, oli akan terkontaminasi oleh partikel-partikel kecil, panas, dan tekanan yang ada di dalam mesin. Jika tidak segera diganti, oli yang terkontaminasi dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin dan bahkan kerusakan serius.

Perusahaan otomotif biasanya merekomendasikan untuk mengganti oli mesin setiap 2 bulan atau saat motor sudah mencapai jarak tempuh 2500 km hingga 3000 km.

Namun, jika menggunakan oli berkualitas tinggi seperti oli yang dibuat dengan teknologi Ester, masa pakainya bisa lebih lama.

Oli dengan teknologi Ester dapat diganti setiap 4 hingga 6 bulan sekali. Atau, saat motor sudah mencapai jarak tempuh 5000 km.

Oli ini tidak hanya lebih tahan lama, tetapi juga lebih ramah lingkungan dan membantu menjaga performa mesin motor matic dengan baik.

2. Rutin Memeriksa Tekanan dan Kondisi Ban

Apapun jenis ban yang kita gunakan, baik itu ban tubeless maupun ban biasa, pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi serta tekanan anginnya, terutama sebelum motor digunakan.

Mengabaikan tekanan angin ban dapat menyebabkan ban menjadi over-flexing saat berputar. Hal ini dapat mengurangi stabilitas motor dan membuat tarikan motor menjadi lebih berat.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa tingkat keausan ban secara berkala. Jika ban sudah terlalu aus, segera ganti dengan ban yang baru untuk menjaga keamanan dan performa motor kita.

3. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Pastikan mesin motor dipanaskan minimal 1 menit sebelum digunakan, termasuk di siang atau sore hari sepulang bekerja.

Tujuannya adalah agar mesin mencapai suhu ideal dan oli tersebar merata sebelum motor siap digunakan. Namun, hindari membuka gas secara berlebihan saat memanaskan mesin, karena oli belum tersebar secara merata saat mesin baru dinyalakan.

4. Ganti V-Belt secara Berkala

Perbedaan antara motor matic dan motor konvensional terletak pada sistem penggerak roda belakangnya. Motor matic tidak menggunakan rantai seperti motor konvensional, melainkan menggunakan V-Belt untuk menggerakkan roda belakang.

Dalam kebanyakan kasus, disarankan untuk mengganti V-Belt saat motor telah mencapai jarak tempuh antara 20.000 hingga 40.000 kilometer.

Jika terlihat ada tanda-tanda retak atau keausan pada komponen V-Belt, segera ganti untuk menjaga kinerja motor matic dan untuk mencegah agar v-belt tidak putus saat di jalan.

5. Pilih Tempat Servis Motor yang Bagus

Pemilihan bengkel perbaikan motor yang tepat sangat penting dalam merawat motor matic. Planet Ban adalah salah satu bengkel yang sangat direkomendasikan karena memiliki reputasi baik sebagai salah satu yang terbaik dan terjangkau.

Planet Ban saya anggap sebagai bengkel terbaik karena memiliki mekanik yang berpengalaman dan andal dalam perbaikan motor. Mereka juga selalu menggunakan suku cadang berkualitas dan menawarkan harga perbaikan yang terjangkau.

6. Jaga Kualitas Bahan Bakar

Pemilihan bahan bakar yang baik juga sangat penting dalam merawat motor matic. Gunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Hindari menggunakan bahan bakar yang murah dan berkualitas rendah, karena dapat merusak mesin motor matic. Singkatnya, kita harus memilih bahan bakar yang memiliki kandungan oktan yang sesuai dengan kebutuhan motor matic.

7. Perbaiki Caramu Berkendara

Cara mengendarai motor matic juga mempengaruhi umur dan performa motor. Jaga kecepatan dan biasakan untuk mempertahankan kecepatan motor secara stabil. Hindari akselerasi yang tiba-tiba atau pengereman yang keras.

Dengan menjaga kecepatan dan percepatan motor secara stabil, kita dapat mengurangi beban pada mesin motor dan menjaga kondisi motor agar tetap awet.

8. Jaga Kebersihan Motor

Meski terdengar sepele, namun menjaga kebersihan motor sangat penting. Bagian luar motor harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu yang dapat merusak body atau komponen motor.

9. Simpan Motor di Tempat yang Aman dan Kering

Saat parkir, motor sebaiknya ditempatkan di tempat yang aman dan kering. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung atau terlalu lembab. Hal ini akan membantu menjaga kondisi motor agar tetap baik dan mencegah kerusakan akibat korosi atau kelembaban.

10. Servis Tune Up Motor Harus Rutin

Planet Ban adalah bengkel tempat servis motor yang saya rekomendasikan untuk servis tune up sepeda motor matic. Pasalnya, mekanik di planet ban selalu menerapkan tune up dengan pemeriksaan menyeluruh. Termasuk memeriksa tekanan ban, menguji kondisi sistem lampu, membersihkan komponen karburator, mengecek ketegangan rantai, mengaudit kondisi klakson, dan memastikan rem dalam kondisi baik.

BTW, bagi kalian yang belum tahu, yang dimaksud dengan perawatan tune up adalah, langkah rutin yang diperlukan untuk memeriksa dan memastikan bahwa kondisi motor tetap optimal. Fokus utama dari tune up ini adalah memeriksa komponen-komponen yang berpengaruh pada performa motor secara keseluruhan.

Apabila selama proses tune up teknisi di Planet Ban menemukan komponen yang memerlukan perbaikan atau penggantian, seperti ganti oli gardan, oli mesin, atau harus ganti sparepart tertentu, mereka (mekanik) akan segera memberitahu kita dan memberikan bukti sebagai bahan pertimbangan.

Teknisi akan menjelaskan mengenai setiap langkah yang perlu diambil. Entah itu, perbaikan atau penggantian. Tapi, tindakan tersebut hanya akan dilakukan oleh mekanik apabila kita menyetujuinya. Jadi, kita nggak perlu khawatir biaya servisnya akan membengkak.

Kenapa Servis Motor Matic Sebaiknya di Planet Ban?

Ketika kita memilih untuk menservis motor di bengkel lain yang mungkin tidak menyediakan perawatan berkualitas atau servis yang menyeluruh, seringkali di komponen mesin motor masih akan sisa-sisa kotoran, debu, dan mengandung residu pembakaran. Ini bisa terjadi karena kurangnya perhatian terhadap detail dan kebersihan selama proses servis.

Sebaliknya, kualitas servis yang ditawarkan oleh Planet Ban memiliki standar kebersihan dan pemeriksaan yang sangat tinggi. Selama proses servis, seluruh bagian atau komponen mesin, khususnya kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body, semuanya akan mendapatkan perawatan yang sangat cermat.

Ini berarti bahwa semua sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran akan dihilangkan dengan teliti, sehingga setiap komponen motor tampak dan berfungsi seolah-olah mereka baru saja keluar dari pabrik.

Harga layanan servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Harga yang diberikan untuk servis motor injeksi, servis CVT dengan penggantian rantai, dan servis throttle body semuanya relatif murah. Dengan kata lain, kalau servis motor di Planet ban, kita akan mendapatkan servis berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Bayangkan saja, biaya untuk servis motor injeksi cuma sebesar Rp20.000,- saja. Sementara servis CVT atau rantai hanya dikenakan biaya sebesar Rp19.500,-. Bahkan, harga servis throttle body juga cuma Rp20.000.

Keuntungan Servis Motor di Planet Ban Terdekat

  • Tarikan motor jadi lebih enteng. Motor akan mengalami peningkatan performa, sehingga akselerasi atau tarikannya akan menjadi lebih responsif dan enteng.
  • Penurunan emisi lebih dari 70%. Ini berarti bahwa motor akan mengeluarkan lebih sedikit polusi udara, yang baik untuk lingkungan dan membantu menjaga udara lebih bersih.
  • Hemat bahan bakar. Performa yang lebih baik dan pengurangan emisi bisa berarti konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, sehingga kita pun akan menghemat uang saat mengisi bahan bakar.
  • Mesin yang bersih total. Semua komponen mesin akan menjadi bersih dan bebas dari kotoran, yang dapat membantu mencegah kerusakan dan memperpanjang umur mesin.
  • Menyediakan Oli Motor Matic Berteknologi Ester. Keuntungan lain servis motor di Planet Ban adalah, kita bisa ganti oli motor matic dengan oli Ester. Oli jenis ini dikenal karena melindungi mesin, mengurangi gesekan, memperpanjang umur mesin, serta meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar motor.

15 comments:

  1. Oli ester ya mba, jadi aku nambah pengetahuan tentang oli. Kalau motor dirawat di tempat, mesinnya juga masih apik walau keluaran tahun2 duluuu yaa. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  2. Memang deh, urusan perawatan motor matic harus rutin, jangan sampai kelupaan ntar bisa panjang ceritanya hehehe. Setiap bulan biasanya aku sevis motorku seperti ganti oli mesin, gearbox, cek rodanya juga rem penting banget. Kalau perlu ganti sparepart ya diganti. Bagus di Planet Ban, mekaniknya oke dan selalu bertanya dahulu kepada customer apakah yakin benar ada bagian motor yang mau diganti atau tidak. Produknya juga ori dengan harga terjangkau.

    ReplyDelete
  3. Service motor di Planet Ban memang bagus dan terpercaya dengan harga yang masih bisa dijangkau sudah mendapatkan service yang terjamin, dikerjakan dengan tenaga yang berpengalaman.

    ReplyDelete
  4. Motor di rumah matic semua. Berarti musti dirawat dengan baik supaya performanya maksimal yaa...
    Meskipun motor lama tapi bisa kerasa motor baru yaa...

    ReplyDelete
  5. Wah iya ya terjangkau banget ini , beneran definisi servis motor berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi nih di Planet Ban.

    ReplyDelete
  6. Artikel ini bermanfaat kalo dishare ke adek nih. Kebetulan adek sehari2 kerja naik motor. Nanti molly ijin share ke dia ya..

    ReplyDelete
  7. Iya nih perkara ganti oli jangan asal pilih oli kudi dicari oli yang kualitasnya bagus supaya mesin motor juga awet yaa.
    Kalau pilih bengkel juga sebaiknya ke bengkel yang terpercaya, salah satunya Planet Ban yang pelayanannya udah terbukti bagus tapi untuk harga bersaing yaa.

    ReplyDelete
  8. Memiliki kendaraan bermotor itu memang harus dan wajib banget dirawat ya mbak, karena memang akan membuat kendaraan lebih enak dan nyaman digunakan juga ya.

    ReplyDelete
  9. Panaskan mesin sebelum digunakan, ini nih yg paling jarang dilakukan sama putri saya. Kalau mau keluar, langsung gas saja. Padahal ini penting juga yah. Btw, service motor di Planet Ban ini banyak banget yg rekomendasikan, bisa nih saya sarankan ke.anak saya agar service motornya di Planet Ban saja.

    ReplyDelete
  10. Urusan bengkel pilihan untuk merawat motor matik di rumah, jobdes PakSu ne!
    Doi sudah punya bengkel pilihan juga.
    Biasanya sih, bengkel ofisial sesuai brand motor.

    Doi termasuk yang telaten merawat barang otomotif.
    Alhamdullillah, motor matik di rumah berusia memasuki tahun ke 15.

    Btw,
    Sepertinya Planet Ban, ada juga ne di Balikpapan!

    ReplyDelete
  11. Wah, udah 11 tahun ya Mbak usia sepeda motor matic-nya, dan performanya masih bagus. Ternyata tipsnya seperti di atas ya. Memang harus telaten ya merawat motor. Dan alhamdulilah ada Planet Ban yang bisa bantu servis motor dengan baik :)

    ReplyDelete
  12. Resep motor awet adalah service berkala.
    Apalagi di Bengkel yang terpercaya seperti Planet Ban. Perawatan menyeluruh dan teliti membuat performa motor matic selalu dalam keadaan prima.

    ReplyDelete
  13. Planet Ban beneran andalan sih. Soalnya cabangnya banyak banget. Di mana-mana ada. Jadi ga kebingungan buat servis!

    ReplyDelete
  14. merawat motor tuh wajib sik, apalagi yang sehari2 ngandelin motor buat transportasi, minimal ganti oli emang biar mesin gak cepet aus

    ReplyDelete
  15. Ini nih yang penting diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor. Jangan sekadar punya, pakai, sama isi bensin aja. Terus lupa dengan detail perawatannya,yang mana penting banget. Nanti giliran motor udah kenapa-kenapa, baru deh bingung kok bisa rusak ya?

    ReplyDelete