Sunday, June 12, 2016

Kapan Ya Bisa Jalan-Jalan ke Solo?

Terus terang, saya sebenarnya bukan seorang pencinta wisata budaya dan sejarah, seperti berkunjung ke museum atau yang sejenisnya. Tapi berhubung selama ini saya belum pernah sekalipun menjejakkan kaki di salah satu keraton, baik yang ada di Solo maupun yang ada di Jogja, tentu ada rasa penasaran sedikit di dalam hati mengenai apa saja sih yang bisa kita temukan di keraton-keraton tersebut? Lebih-lebih, kota Solo merupakan salah satu kota yang ingin saya kunjungi suatu saat nanti.

Jadi jika saya punya kesempatan berkunjung ke Solo, mungkin saya tidak akan melewatkan berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kalau melihat review-review yang ada di beberapa website wisata, yang pasti keraton ini tampaknya bisa memberikan kesan dan pengalaman berwisata yang berbeda. Jadi tambah penasaran...

Tapi selain itu, sebagai seorang pencinta kuliner, ehem... Saya juga pasti ingin merasakan nikmatnya makanan-makanan khas kota Solo yang bikin ngiler seperti: Gudeg Ceker. Oh, jangan sebut namanya dua kali! Karena rasanya, menuliskan nama tersebut saja membuat saya mulai ngiler. Apalagi kalau ada kata “ceker” hehehe. Dulu emang sempet sih nyicip gudeg di Jogja waktu bulan madu sama suami. Tapi kok rasanya kurang nendang. Mungkin karena kami memilih gudeg alakadarnya yang ada di Jalan Malioboro. Salah sendiri juga sih enggak ngikutin tips trik wisata ke Jogja yang nyaranin untuk menikmati kuliner Gudeg Yu Djum dan lain-lain.

Selain itu, kuliner Tengkleng yang daging kambingnya seabrek serta Timlo, kayaknya masih berada di daftar paling atas dari kuliner di Solo yang pasti akan saya serbu.

Tapi ngomong-ngomong soal Solo, mikir aja sih kadang, dimana harus menginap. Apakah harus nebeng di rumah teman? Hehehe... Salah satu yang bakalan kena todong duluan pasti Bang Joddie. Siep-siep Bang Jod ya. Tapi kalau nggak juga mungkin saya akan lebih memilih hotel murah Solo untuk menghemat. :-p bukan pelit lho ya. Tapi "Hemat!" Ingat! He....mat!

Soalnya kan sisa uangnya bisa dipakai untuk beli oleh-oleh. Apalagi Solo juga terkenal memiliki banyak pusat-pusat batik terkenal yang mungkin saja akan ditawarkan dengan harga murah khusus kepada saya. Ngarep banget. Cuma mimpi. Tapi bolehkan ngarep siapa tahu Allah bermurah hati untuk mengabulkannya. "Aaniiin."
Btw, jalan-jalan ke Solo, udah masuk ke dalam list untuk diprioritaskan. Jadi, temen-temen yang ada di Solo siap-siap ya saya repotin ;-).