Saturday, July 30, 2016

Wisata kuliner di Bandung Sate dan Gepuk Kuda


Gepuk kuda, Photoright: globalinfosociety.org
Kuliner Bandung sudah terkenal di Indonesia sebagai salah satu yang memiliki cita rasa unik dan enak. Tidak hanya itu, jenisnya pun bermacam-macam. Kuliner khas Bandung seperti karedok misalnya, adalah salah satu kuliner yang banyak diminati dan cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga, hampir semua orang menyukainya.

Namun selain itu, di Bandung, ada juga kuliner unik. Sebut saja sate dan gepuk kuda. Mungkin kamu bertanya-tanya kira-kira “sate yang dijual?” Yang dijual tentu saja sate kuda. Heran? Nggak perlu heran. Walaupun sebenarnya di Bandung sangat sulit untuk menemukan kuda, bukan berarti dagingnya tidak bisa didapatkan dari tempat lain kan?

Nah, kalau kamu kebetulan sedang berwisata ke Bandung, dan ingin sekaligus mencoba gimana sih rasanya sate kuda, kamu bisa datang ke daerah Cijerah. Di daerah ini, ada banyak gerobak penjual makanan yang berjajar di sana. Mulai dari kuliner khas Bandung, berbagai jenis makanan seperti bakso, sate, dan lain-lain.

Lokasi gerobak sate ini berada dekat dengan Simpang Tiga Melong Asih. Kita akan dengan mudah menemukannya karena tulisan "SATE DAN GEPUK KUDA" yang cukup besar serta mencolok.
Harga sate ini juga tidak terlalu mahal. Satu tusuknya dihargai sekitar Rp. 1.800. Ukuran satenya sedang-sedang saja aku, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Tempat yang digunakan untuk berjualan sate adalah sebuah ruko sederhana yang juga dijadikan sebagai tempat tinggal oleh pemiliknya. Walau demikian, biasanya membeli sate lebih senang membungkus dan memakannya di rumah. Mungkin karena alasan tempat ini yang tidak terlalu luas sehingga tidak begitu nyaman untuk dijadikan sebagai tempat makan. Tapi kalau kamu tidak bermasalah dengan hal tersebut, sebenarnya tempat ini tetap asik-asik aja untuk dijadikan sebagai tempat makan. Walaupun tempatnya sempit hehehe.

Ngomongin soal sate kuda, seperti sate pada umumnya, sate ini juga menggunakan bumbu kacang. Rasa dagingnya sangat mirip dengan daging sapi. Bagi mereka yang suka, mereka pasti bilang kalau daging kuda rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan daging sapi. Tapi semua itu relatif kan? Setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, Coba deh datang langsung ke sana.

Kuliner gepuk kuda di Bandung

Kalau tadi kita ngomongin soal sate kuda, sebenarnya ada juga makanan lain yang berbahan dasar daging sapi yaitu "Gepuk Kuda." Harga makanan ini satu pcs-nya hanya Rp. 9.000. mahal ya?! Gak juga sih kalo kantongmu tebel, hehehe becanda!

Sedangkan jika kamu ingin menambah nasi, satu piring nasi dihargai sekitar Rp. 3.000. Jadi kalau kita pesan satu pcs gepuk kuda, nasi satu piring, plus 10 tusuk sate kuda, kira-kira kita akan menghabiskan sekitar Rp. 30.000. Lumayan memang, tapi sensasi yang akan kamu rasakan pasti sebanding dengan harganya.

Gepuk Kuda adalah istilah untuk menyebut "empal." salah satu makanan nusantara yang wajib kamu cicipi biar kenal kalo Indonesia ini emang kaya dengan kuliner yang cita rasanya sangat enak. Ini merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh sama wisatawan karena tergolong awet.