Tuesday, October 18, 2016

Alasan Mengapa Hiking Wajib Kamu Sukai

Sehari-hari begitu banyak kegiatan yang menghiasi dan mengisi waktu yang kita miliki, membuat hidup begitu berwarna dan indah. Akan tetapi, adakalanya rasa lelah dan penat menghiasi hari-hari yang membosankan. Syukurnya, ada akhir pekan yang memberikan kesempatan bagi kita untuk sejenak melonggarkan otot dan menurunkan beban yang menggelayut. Ya, akhir pekan akan terasa lebih sempurna apabila bisa dimanfaatkan dengan baik untuk me-refresh otak yang penat sekaligus untuk re-charge sebagai bekal menghadapi hari esok yang lebih berat.

Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan di akhir pekan, salah satunya adalah hiking Kegiatan ini sudah mulai banyak dilupakan oleh anak-anak muda di era modern ini. Tergantikan dengan gadget dan kesibukan-kesibukan yang justru membuat otak tidak sempat bersantai.



Pergi hiking untuk menikmati alam bebas, menghirup udara yang segar, sekaligus untuk mengagumi ciptaan Tuhan adalah kegiatan menarik yang sebaiknya mulai kamu sukai karena manfaatnya sangat luar biasa. Diantara beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila berbaur dengan alam diantaranya adalah:

Alam yang indah akan membuat pikiranmu segar kembali

Sesuatu yang indah selalu bisa menarik perhatian dan membuat kita melupakan kepedihan, rasa lelah, sekaligus obat untuk rasa sakit. Tidak berlebihan, mengingat Tuhan menciptakan alam ini dalam bentuk yang menakjubkan. Meluangkan sejenak waktu untuk berjalan-jalan di atas rumput yang hijau atau di antara ilalang akan membuatmu berpikir lebih jernih.

Mendaki bukit untuk merasakan suasana yang berbeda dengan iklim dan udara yang segar akan memberikan banyak perubahan pada dirimu. Sekali-sekali, jangan ragu-ragu untuk mendaki beberapa puncak yang akan membebaskan pikiranmu.

Jalan-jalan akan membuat badanmu sehat dan segar

Hiking sudah pasti identik dengan berjalan kaki. Kegiatan ini walaupun sederhana namun sangat dianjurkan oleh praktisi kesehatan karena dapat memberikan banyak keuntungan mulai dari:
  • Bermanfaat untuk membakar lemak di tubuh
  • Membantu menghilangkan stres
  • Menyehatkan jantung
  • Melancarkan peredaran darah
  • Melatih pernafasan
  • Serta masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan jalan kaki.

Taukah kamu bahwa mereka yang sering hiking dikenal kreatif?

Kegiatan hiking menurut penelitian akan membuat otak lebih fresh dan badan lebih sehat sehingga kemampuan yang ada di dalam diri kita bisa keluar dengan lebih maksimal. Masih menurut penelitian, orang-orang yang suka hiking memiliki tingkat kreativitas 50% lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukannya. Hal tersebut didasarkan pada pengalaman yang didapatkan selama melakukan kegiatan ini, mulai dari:
  • Cahaya matahari yang menerpa tubuh akan membangkitkan mood menjadi lebih baik
  • Udara segar yang terhirup akan membuat otak bekerja lebih maksimal
  • Kegiatan jalan kaki yang dilakukan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga nutrisi dan oksigen akan tersampaikan ke otak dalam jumlah yang lebih banyak serta,
  • Pemandangan alami yang indah membuat otak dan pikiran terasa lebih bebas.

Kamu akan merasakan kebahagiaan yang selama ini sulit kamu dapatkan di antara gedung-gedung dan rumah-rumah yang berhimpitan

Alam bebas yang terasa begitu luas saat kita tapaki dan saat kita saksikan akan membuat jiwa kita juga ikut terbebas. Menurut penelitian, hiking (menyaksikan alam bebas) seperti naik gunung, mendaki bukit, atau berjalan-jalan di padang ilalang serta menjelajah di hutan membuat perasaan depresi, stress, dan cemas bisa berkurang.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya mulai mencintai hiking dan mulai belajar menghargai alam sebagai rahmat dari Tuhan yang akan membantumu keluar dari berbagai masalah.