Sunday, August 20, 2017

Tips Berwisata di Dalam Kota

Kadang-kadang kita tidak perlu pergi jauh untuk berwisata. Di akhir pekan misalnya, ketika waktu berlibur sangat mepet, terutama karena terpotong oleh urusan-urusan lainnya seperti membersihkan rumah atau karena ada pertemuan mendadak, dan lain-lain. Kita tetap bisa memanfaatkan sisa waktu libur yang ada dengan berwisata di dalam kota saja. Agar aktivitas berwisata di dalam kota bisa tetap menyenangkan dan bisa menurunkan intensitas stres, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan disisa waktu yang sangat sedikit tersebut, di antaranya adalah:



1. Wisata Kuliner


Ini adalah kegiatan yang paling cocok dan paling menyenangkan yang bisa kamu lakukan di dalam kota. Dan kadang-kadang, kamu enggak perlu pergi terlalu jauh untuk bisa menikmati aneka kuliner yang enggak hanya terasa lumer di lidah melainkan juga bisa bikin stress kita luluh.

Kalau kamu bingung mau mencari ide wisata kuliner apa yang cocok untuk akhir pekan, beberapa saran berikut ini mungkin bisa kamu coba.

  • Saran yang pertama, kalau kamu kebetulan lagi diet dan pantang mengkonsumsi makanan tertentu, tidak ada salahnya untuk sesekali memanjakan diri dengan makanan tersebut. Tentunya, makanan pantangan tersebut enggak akan membuat berat badanmu naik seketika naik kan? Misalnya, kalau selama ini kamu pantang dengan minuman atau makanan yang berbahan dasar susu, di akhir pekan kamu bisa memanjakan diri dengan mencoba pusat ice cream populer di kotamu.
  • Sesekali kamu juga boleh memanjakan diri dengan menyantap makanan yang selama ini kamu anggap mewah dan mahal.
  • Atau, mungkin selama ini kamu jarang makan makanan yang menawarkan citarasa berbeda seperti makanan-makanan luar negeri, mulai dari Chinese food, masakan Eropa, atau aneka masakan Jepang. Jangan heran kalau beberapa makanan dengan cita rasa luar negeri tersebut bisa bikin kamu ketagihan. Misalnya kalau selama ini kamu suka banget sama mie instan, sesekali kamu perlu mencoba mie ramen (Jepang). Resep kuah ramen authentic pasti berbeda dengan ramen-ramen instan yang kamu temukan di minimarket.
  • Makan malam bersama keluarga di luar juga bisa jadi alternatif untuk mengisi liburan akhir pekan. Sesekali, kamu perlu mencoba makan bersama di sebuah restoran atau di foodcourt untuk merasakan sensasi makan bersama keluarga yang berbeda. Biasanya, suasana dan lingkungan yang berbeda bisa memberikan kita perasaan yang juga berbeda. Jadi enggak ada salahnya untuk sesekali mencoba restoran-restoran yang menawarkan konsep unik.

2. Jalan-jalan atau membaca di taman


Salah satu alasan mengapa kita mudah merasakan stress adalah karena kita melakukan aktivitas yang itu-itu aja. Aktivitas monoton membuat kita mudah merasa jenuh. Nah, sesekali, di akhir pekan mungkin kamu perlu menciptakan suasana yang berbeda dengan mendatangi tempat-tempat yang sejuk, yang menawarkan pemandangan berbeda, atau menawarkan suasana berbeda seperti taman misalnya.

Taman di dalam kota yang berlokasi enggak jauh dari tempat tinggalmu bisa jadi alternatif tujuan wisata di dalam kota. Kadang-kadang, kita enggak tahu bagaimana sensasinya sebelum mencoba. Jika selama ini kamu masih menganggap sebelah mata taman di dalam kota karena meyakini bahwa taman di dalam kota juga enggak luput polusi, namun enggak ada ruginya untuk sesekali datang ke sana bukan.

Karena yang pasti, seburuk-buruknya udara di dalam kota, di taman yang banyak tanaman dan pepohonan pasti akan lebih baik dibandingkan dengan tempat-tempat yang lainnya.

Di taman, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari jalan-jalan, jogging, atau mungkin hanya sekedar duduk-duduk dan membaca buku favoritmu. Kegiatan ini bisa jadi mood booster untuk menghadapi momok ‘haru Senin’ yang kadang bikin males banget.

3. Senang-senang enggak selalu harus mahal


Banyak orang yang menganggap senang-senang itu pasti mahal. Apalagi kalau senang-senangnya di dalam kota. Tapi enggak melulu kok. Kita juga bisa tetap senang-senang dengan cara yang sederhana dan dengan biaya yang murah. Beberapa ide atau alternatif untuk meredakan stres di dalam kota yang bisa kamu coba di antaranya adalah:
  • Bermain futsal dengan teman-teman kantor atau dengan tetangga se-RT
  • Nonton film favorit di bioskop
  • Kongkow bersama teman-teman di lesehan
  • Arisan
  • Garden party

4. Kunjungi tempat wisata terpadu


Sebagian besar objek wisata yang ada di dalam kota adalah objek wisata terpadu. Mulai dari waterpark hingga pusat wahana permainan yang seru dan menyenangkan, yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Tempat wisata semacam ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata di dalam kota. Terutama bersama keluarga, untuk mengisi liburan yang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan akhir pekan.

Memilih liburan di dalam kota dengan mendatangi tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati seharian penuh adalah alternatif tepat untuk memuaskan mengisi liburan panjang. Karena sensasi yang diberikan jauh lebih memuaskan dan lebih berkesan dibandingkan dengan beberapa ide wisata di dalam kota yang disarankan pada poin-poin sebelumnya.

.

No comments:

Post a Comment