Thursday, November 1, 2018

Pulang Kampung ke Purworejo? Pasti Kamu Kangen Kulinernya di Bawah Ini

Purworejo, siapa yang kampungnya di Purworejo? Hemm.. salah satu yang kamu kangenin pasti makanannya, kan? Sama! Cemilan purworejo itu enak banget, bikin kamu beli tiket kereta dan langsung mudik ke sana. Kalau gak percaya langsung cek aja daftarnya di bawah ini!

Image source Femina.com

Dawet Ireng


Biasanya es dawet itu bewarna hijau, kan? Kali ini es dawet dari Purworejo ini warnanya hitam! Unik, kan? Dawet sebenarnya merupakan minuman asli Banjarnegara, tapi Purworejo membuat inovasi baru, yaitu Dawet Ireng. Dawet Ireng berasal dari daerah Butuh, Purworejo. Kalau kamu penasaran, bisa langsung beli tiket kereta dengan tujuan Purworejo dan meluncur ke daerah Butuh. Warna hitam pada Dawet Ireng berasal dari abu hasil pembakaran jerami yang kemudian dicampur air dan digunakan sebagai pewarna dawet. Tenang... aman, kok! Bersih, gak jorok! Diminum di siang hari saat matahari sedang panas-panasnya, mantap!


Geblek


Geblek? Ih, kasar! Jangan salah, Geblek di Purworejo ini bukan kata makian, melainkan makanan gurih dan lezat! Kamu bisa menemukan Geblek di Kulon Progo, Wonosobo, dan pastinya Purworejo. Terbuat dari tepung singkong yang dibumbui dengan bawang lalu digoreng. Rasanya itu, lho... gurih! Kamu bisa menikmati Geblek bersama saus kacang, makin nikmat! Mau mencoba Geblek saat pulang ke Purworejo? Langsung aja ke pasar Baledono, alun-alun Purworejo, atau Pasar Jenar.

Clorot


Clorot, namanya unik, ya? Clorot, celorot, cerorot, atau jelurut adalah camilan manis tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan, dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda dalam bentuk kerucut. Paduan rasa manis, gurih dan lembutnya sangat pas! Ini adalah kudapan manis tradisional yang populer dan biasa ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Kalau di Purworejo, kamu bisa menemukan Clorot di Pasar Grabag. Enak.

Kue Lompong


Luarnya hitam, dlamnya coklat, rasanya legit! Lompong adalah batang daun talas. Jadi, otomatis Kue Lompong ini dibuat menggunakan batang daun talas, tepung merang, tepung ketan, dan gula pasir. Nah, Kue Lompong ini isinya kacang tanah, legit! Warna hitam dari Kue Lompong iniberasal dari tepung merang, yang hebat, nih, kue ini gak bisa basi! Hanya bisa kering, tapi halk itu bisa diakali dengan mengukus kembali Kue Lompong.

Lanting


Kalau camilan yang satu ini, pasti semua sudah pada tahu, dong? Lanting, paling sering dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang baru pulang kampung atau liburan ke daerah Jawa Tengah. Lanting atau Klanthing merupakan makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong. Sekali kamu makan Lanting, kamu akan susah berhenti! Penginnya makan terus! Lanting merupakan makanan khas Kabupaten Kebumen, tapi kamu bisa menemukan camilan ini di Purworejo, di mana-mana ada, tenang.

Itu tadi adalah lima camilan khas Purworejo yang bikin kamu kangen dan pengin cepat-cepat pulang kampung! Makanya, langsung beli tiket kereta aja! Mau liburan yang ngangenin? #gampang!

No comments:

Post a Comment