Thursday, March 7, 2019

Tips Traveling Pakai Mobil agar Aman dan Nyaman

Mobil secara struktural tentu lebih aman dan lebih nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik itu ketika hujan atau pun panas, atau siang maupun malam. Baik motor maupun mobil memiliki kelebihan sendiri-sendiri ketika digunakan untuk pergi berwisata. Mobil umumnya lebih nyaman digunakan saat cuaca tidak bersahabat baik panas maupun hujan. Disamping itu, mobil adalah pilihan tepat jika anda pergi traveling beramai-ramai dengan keluarga atau teman-teman.

Tak hanya bisa memberikan rasa nyaman dan bisa menjadi pilihan paling tepat untuk group traveling, mobil juga di bisa menjadi opsi Jika anda mencari alat transportasi yang hemat. Pasalnya, selain bisa membawa lebih banyak orang maupun barang, mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap kalau kepepet. Tidur di dalam mobil memang bukan opsi terbaik Namun tetap bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi saat ini, kasur angin semakin mudah kita temukan dan harganya pun lebih ramah kantong. Kasur angin yang mudah dibawa kemana-mana dan bersifat portable adalah pilihan tepat jika anda ingin bisa tidur dengan nyaman di kendaraan.

Liburan Pakai Mobil
Tips Liburan Pakai Mobil agar Nyaman dan Aman (image via Aarp.org)

Tips berwisata dengan mobil agar lebih aman dan nyaman


Memilih menggunakan kendaraan roda empat untuk pergi berwisata umumnya lebih nyaman dan bisa memberikan rasa aman terutama apabila anda akan melakukan perjalanan di malam hari. Selain lebih aman, mobil juga bisa melindungi kita dengan baik dari udara dingin yang bisa saja mengganggu kesehatan. Bagi Anda yang tertarik untuk pergi berwisata menggunakan mobil, agar lebih aman dan nyaman sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Jika mobil yang akan anda gunakan adalah kendaraan pribadi, pastikan mobil tersebut terawat dan rutin di servis


Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga mobil agar tetap prima dan aman dikendarai adalah dengan merawatnya secara rutin. Perawatan rutin bisa dilakukan sendiri atau dengan membawanya ke tempat service (bengkel). Setidaknya, oli mobil harus rutin diganti sesuai dengan ketentuan dari produsen mobil masing-masing serta harus segera dicek Apabila ada keluhan.

2. Biasakan mengecek kondisi mobil sebelum berangkat


Mengecek kondisi mobil sekalipun rutin di service adalah sebuah keharusan. Pasalnya, beberapa bagian mobil umumnya ada yang bisa mati atau rusak sewaktu-waktu. Seperti lampu rem (stop lamp), lampu sein, cek kondisi AC, periksa juga air radiator, hingga tekanan ban juga harus dicek agar mobil bisa memberikan performa maksimal dan bisa membantu Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jangan tempatkan anak-anak di kursi depan


Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum menyadari bahwa menempatkan anak-anak di kursi depan sangat berbahaya bagi mereka. Anak-anak yang tubuhnya belum bisa tercover sabuk pengaman sebenarnya tidak diperkenankan untuk duduk di depan di samping juga sangat berbahaya karena airbag yang mengembang akibat kecelakaan juga dapat berakibat fatal bagi mereka.

4. Pastikan fisik Anda cukup kuat untuk menyetir


Persiapan yang singkat seringkali memaksa kita begadang di malam hari untuk packing dan melakukan berbagai persiapan mendadak lainnya agar habis ready di pagi harinya. Sayangnya, hal tersebut justru sangat berbahaya karena begadang bisa mengakibatkan kita lelah dan mengantuk serta sulit untuk berkonsentrasi saat menyetir di keesokan harinya. Jadi pastikan anda punya persiapan yang matang, cukup istirahat dan tidur serta tidak ada yang mengganggu konsentrasi.

Jika perjalanan yang yang akan anda lalui untuk mencapai tempat wisata cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam atau mungkin lebih dari setengah hari. Pastikan anda sudah merancang dan punya rencana dimana akan beristirahat dan berapa lama waktu yang akan anda butuhkan untuk beristirahat? Idealnya, maksimal waktu mengemudikan mobil adalah 3 jam sebelum anda beristirahat. Jangan pernah menargetkan "cepat sampai" melainkan, targetkanlah "selamat di perjalanan."

5. Hindari membawa barang melebihi kapasitas seharusnya


Seringkali, apabila punya keluarga besar, kita berusaha untuk mengajak serta semua keluarga dalam sebuah perjalanan. Tak jarang, mobil yang idealnya berisi 4-5 orang diisi hingga 7-8 orang. Selain kelebihan kapasitas akan membuat mobil terasa sesak dan tidak nyaman, hal tersebut juga pasti akan membahayakan karena stabilitas mobil sulit dikontrol. Selain itu barang bawaan juga perlu di packing secara rapi agar tidak mengganggu dan merepotkan atau menyebabkan masalah ketika mobil berjalan.

6. Maksimalkan perangkat audio apabila anda mengandalkan GPS sebagai penunjuk arah


Alih-alih selalu melihat ke arah Maps di Smartphone yang Anda gunakan sebagai penunjuk arah, anda akan lebih nyaman dan lebih berkonsentrasi saat menyetir jika mengaktifkan turn-by-turn navigation voice.

7. Kurangi kecepatan saat hujan dan ketika Anda melewati jalur alternatif


Saat melewati jalur alternatif yang belum anda kuasai, biasakan diri untuk mengurangi kecepatan sambil meningkatkan kewaspadaan. Jalur alternatif seringkali kita gunakan di hari-hari libur Karena jalur utama kerap kali macet. Memilih jalur alternatif juga merupakan pilihan bijak untuk menghindari macet agar suasana liburan dan mood tidak terganggu.

Itulah beberapa tips wisata menggunakan mobil agar lebih aman dan nyaman selama di perjalanan sehingga liburan anda akan terasa lebih sempurna serta bisa memberikan apa yang anda butuhkan berupa kegembiraan, waktu yang berkualitas, pengalaman yang berharga, refreshing, serta semangat dan motivasi.

Video Tips Mempersiapkan Mobil sebelum Memulai Perjalanan



No comments:

Post a Comment