Monday, December 23, 2019

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Saat Berwisata

Berwisata adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk ibu yang sedang mengandung. Meskipun begitu, cara menjalani kegiatan wisata antara orang biasa dengan ibu hamil tentulah berbeda. Dari persiapan, tujuan wisata sampai dengan cara menjaga kesehatan saat ditempat wisata.



Seperti yang kita semua tahu, menjaga kesehatan ibu hamil tidak bisa dilakukan dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil genio dari apotek terdekat saja. Tidak seperti wanita yang tidak sedang mengandung yang bisa sembarangan membeli obat dan mengkonsumsinya tanpa memikirkan hal lain.  Ibu hamil perlu melakukan beberapa perhatian khusus agar kesehatannya dan sang janin bisa tetap terjaga. karena sang janin juga tidak bisa menerima sembarang obat dan semua yang ibu hamil konsumsi.

Untuk menjaga agar ibu dan janin sehat terjaga meskipun saat berwisata, seenarnya apa sajakah yang perlu dilakukan? Berikut ini beberapa diantaranya:


Hindari makanan Instant


Makanan Instant tidak memiliki kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil pun untuk bayinya. Alih alih mengkonsumsi makanan siap saji, ibu hamil bisa membawa buah-buahan untuk bekal saat berwisata. Selain itu, ibu hamil juga bisa membawa makanan yang sudah dimasak sendiri dirumah seperti sayur mayur dan daging.

Hindari kafein dan alkohol

Ibu hamil juga dituntut untuk bisa menghindari makanan yang mengandung kafein tinggi dan alkohol. Dua jenis minuman ini dapat memberikan efek tidak baik untuk kesehatan ibu dan janinnya. Jika ditempat wisata atau sedang liburan calon ibu ingin menikmati karena melihat teman liburan yang mengkonsumsi, lebih baik bunda menahannya ya.. Dan dapat diganti dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti susu dan air putih.

Karena menurut penelitian, mengkonsumsi kafein dan alkohol selama masa kehamilan dipercaya dapat menghambat proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu, risiko bayi mengalami keterbelakangan mental dan terlahir cacat juga bisa terjadi. Jadi.. bunda harus lebih hati-hati yaa...

Memilih Kosmetik yang aman


Setiap wanita pasti menginginkan dirinya terlihat cantik dan menarik saat berwisata walaupun dalam keadaan mengandung. Sayangnya, saat mengandung, kita tidak boleh sembarangan menggunakan kosmetik terlebih jika kosmetik tersebut memiliki bahan-bahan kimia yang mengancam kesehatan janin. Dan sekarang, kita harus mulai meneliti kembali apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh masuk kedalam tubuh saat sedang mengandung.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi

No comments:

Post a Comment