Wednesday, December 5, 2018

Semangat Masyarakat Gampong Berseri Asri Alue Naga Aceh

Seperti yang kita tahu, Negara Indonesia adalah negara yang besar dan tidak akan mampu berdiri sendiri tanpa campur tangan masyarakat yang kreatif. Berbagai pihak turut andil dalam membangun bangsa ini. Salah satunya adalah PT Astra Internesional Tbk.

image from: Agnesiarezita.com

PT Astra Internasional Tbk turut serta berupaya membangun bangsa dengan cara memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Sebuah aksi sosial yang dicanangkan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi 77 titik terpilih di seluruh Indonesia. Tentu saja kampung berseri astra ini diseleksi secara ketat dengan pertimbangan mendalam.

Selama kurang lebih 60 tahun berjalan, PT Astra Internasional terus berupa menebar inspirasi. Selain itu, Astra juga giat melakukan kolaborasi aktif dengan berbagai pihak dalam upaya membangun bangsa. Salah satu real case yang ditangani saat ini yakni bagaimana menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat.


Mengenal Visi Besar Kampung Berseri Aceh


Salah satu wilayah yang dinobatkan sebagai kampung berseri Asri berada di provinsi Aceh. Persisnya di kelurahan Gampoeng Alur Naga, desa Syiah Kuala, kota Banda Aceh. Potensi wilayah ini tentunya terjaga dalam hal kebersihan lingkungan serta kawasan yang tergolong hijau. Visi besar dipilihnya Aceh menjadi salah satu Kampuing Berseri Aceh di Indonesia yakni supaya penduduknya bisa meningkatkan kualitas hidup dengan cerdas serta produktif.

Mengenal Implementasi Empat Pilar CSR Astra 


Kampung berseri Astra di provinsi Aceh ini diberi nama ‘KBA Aloe Naga Aceh’. Dari Sabang hingga Marauke, Aceh terpilih karena memenuhi kriteria yang menjadi cerminan CSR Astra. Terdapat empat pilar CSR Astra yakni pendidikan, kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Setelah dilaksanakan sejak tahun 2016, berikut implementasi empat pilar KBA Alue Naga Aceh.

Program KBA dalam Sektor Wirausaha


Wirausaha adalah solusi terbaik untuk memicu kemandirian masyarakat. Selain itu, kemandirian inilah yang akan menjadi faktor penentu kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Astra secara aktif mengawal program KBA Alue Naga Aceh dalam upaya pemberdayaan usaha mikro setempat.

Pembentukan kelompok usaha rakyat serta adanya pelatihan olahan sumber daya menjadi langkah nyata dari KBA Alue Naga Aceh. Tidak hanya sebatas pada budidaya serta teknik pengolahan tira, dan ikan saja, disini juga melakukan pembinaan pengadaan koperasi rakyat.

Program KBA dalam Sektor Kesehatan


Salah satu upaya KBA Asri Alue Naga Aceh daam sektok kesehatan yakni dimulai dari sosialiasi PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Hal ini tentu sangat penting, karena kesehatan setidaknya bisa menjadi tolak ukur seberapa sukses program pemberdayaan terlaksana. Selain itu, kampung berseri astra juga melakukan pengembangan serta up grade skill para kader posyandu. Dengan ini tentu saja bisa menjamin kesehatan masyarakat telah tercover bahkan sejak balita.

Program KBA dalam Sektor Pendidikan


Tidak bisa dipungkiri, pendidikan anak tidak dimulai sejak sekolah dasar hanya dengan bekal pengetahuan umum semata. Sejatinya, anak – anak mulai membentuk kebiasaan bahkan cara berpikir sejak dini. Bahkan di negara maju, pendidikan anak usia dini ditangani oleh guru atau pakar yang benar – benar kompeten. Dari sini, KBA Alue Naga Aceh berkomitmen membenahi dasar pendidikan anak sedini mungkin melalui standarisasi.

Program KBA dalam Sektor Lingkungan


Lingkungan adalah cerminan kondisi masyarakat disuatu wilayah. Semakin bersih, sehat serta aman maka semakin bagus pula kesejahteraannya. Salah satu program KBA Asri Alue Naga Aceh untuk lingkungan yakni adanya reboisasi dan penghijuan desa. Untuk merealisasikan program penghijauan ini, tentunya KBA juga melakukan pelatihan kader lingkungan. Upaya lainnya yakni dibuatnya tambak tiram dan udang yang ramah lingkungan.

Dari semua program diatas tentunya kita wajib mendukung serta bersinergi demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Semoga dengan semakin banyak pihak yang peduli dan melalukan aksi nyata bisa membantu pemerintah meratakan tingkat kesejahteraan disemua wilayah Indonesia. Tentunya Kampung Berseri Nyata perlu kita apresiasi bukan?

No comments:

Post a Comment