Saturday, January 12, 2019

Tips Beli Komponen Komputer agar Dapat Harga Murah

Harga komponen komputer sebenarnya tidak terlalu mahal, apalagi jika kita berbelanja di toko online. Saya sendiri sudah sering membuktikan bahwa belanja online ternyata lebih efisien dan bisa membantu saya berhemat lebih banyak. Pasalnya, rata-rata harga komponen di toko online dibandingkan dengan toko komputer di dekat rumah. Selain itu, belanja online juga menyenangkan karena banyak diskon dan promo.

Komponen komputer


Ngomong-ngomong soal komponen komputer. Ada beberapa alasan kenapa kita membutuhkannya. Yang pertama, sudah pasti dibutuhkan untuk merakit komputer. Rakit komputer saat ini semakin mudah berkat keberadaan tutorial di YouTube maupun di blog yang banyak ditulis oleh anak-anak IT, sehingga kita yang awam sekalipun bisa merakit komputer sekalipun pengetahuan dasar mengenai teknik merakit.

Komponen komputer selain dibutuhkan untuk merakit komputer, juga dibutuhkan untuk mengganti berapa part yang rusak. Rata-rata komputer disarankan untuk digunakan selama 2 tahun. Selanjutnya, komputer tersebut perlu diganti dengan yang baru agar performanya tetap stabil. Walau demikian ada juga yang menyarankan pemakaian hingga 4 tahun.

Nah, kalau kebetulan kamu punya komputer yang usianya sudah lebih dari 2 tahun atau mungkin saat ini sudah mencapai lebih dari 4 tahun, itu artinya kamu harus siap-siap mengganti komputer tersebut atau mungkin mengganti beberapa komponennya. Ya, jika komputer bisa bertahan hingga 4 tahun lebih, biasanya tidak butuh waktu lama sampai komputer tersebut mengalami kerusakan komponen 1-2 buah. Apa itu prosesornya yang mengalami overhead, atau mungkin RAM yang mati, atau bisa juga motherboardnya bermasalah.

Apapun jenis dan merk komponen komputer yang kamu butuhkan, mulai dari motherboard atau mainboard Asus, Gigabyte, hingga ECS; VGA (kartu grafis) merk Nvidia GeForce, AMD Radeon; RAM berbagai merk mulai dari Corsair, Adata, G.skill, Kingston, Venom RX, Transcend, Mushkin, Samsung, hingga merk Hynix; processor Intel ataupun AMD, mulai dari Intel Core i3, Core i5, Core i7, AMD ryzen, AMD Bristol Ridge Athlon, AMD Phenom, AMD Vishera, dan lain-lain; power supply, hardisk internal maupun eksternal tipe SSD maupun HDD, optical drive, kabel data, casing komputer, UPS, USB, peralatan jaringan dan berbagai macam aksesoris komputer serta laptop, semuanya bisa kita beli dengan mudah di toko online dengan harga yang terjangkau.

Sayangnya, sekalipun banyak yang bilang belanja hardware komputer di toko online itu murah, tapi tetap saja banyak yang belum tahu tips trik agar dapat harga miring. Nah, buat kamu yang pengen tahu rahasia belanja hardware laptop maupun PC di toko online agar dapat harga murah, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Biasakan belanja di toko online populer. Toko online populer di Indonesia sebenarnya banyak sekali. Salah satu yang saya kenal banyak menjual hardware dengan harga murah adalah Jakmall
  • Catat tanggal-tanggal dimana toko online kerap menawarkan promo. Salah satu daya tarik toko online yang selalu bisa bikin kita kepincut untuk belanja adalah diskon dan promo.
  •  Berbicara soal promo, banyak sekali momen dimana toko online kerap menawarkan hardware dengan harga istimewa seperti misalnya, pada saat harbolnas yang biasanya jatuh pada tanggal 12 Desember. Atau ketika ada hari-hari besar nasional seperti 17 Agustus. Momen promo lainnya yang sebaiknya tidak kamu lewatkan adalah promo akhir tahun dengan tema promo Natal dan Tahun Baru
  • Bandingkan harga dari satu pedagang ke perangsang lainnya. Sekalipun terasa agak merepotkan dan lumayan banyak menyita waktu, tapi tentu saja kegiatan membandingkan harga ini tidak melelahkan. Sebab, kita tidak perlu repot pergi dari satu toko ke toko lainnya seperti saat kita berbelanja di toko konvensional
  • Beli komponen komputer second bisa jadi alternatif buat kamu kebetulan punya budget sangat terbatas. Mungkin banyak diantara kamu yang merasa ragu-ragu untuk beli komponen second atau hardware bekas karena takut hardware tersebut tidak bertahan lama. Sekalipun kemungkinan tersebut tetap ada, tapi hardware second bisa jadi alternatif terbaik untuk belanja hemat. Lebih-lebih kalau kamu nggak punya cukup uang untuk membeli yang baru. Dengan sedikit kejelian dan keuletan, saya yakin tidak sulit bagi kamu untuk menemukan hardware bekas yang masih bagus dan harganya murah


Itulah beberapa tips beli komponen komputer murah di toko online yang semoga bisa membantu kamu yang ingin berhemat atau ingin beli hardware komputer murah dengan uang yang terbatas.

No comments:

Post a Comment